Istana Harap DPR Segera Proses Surpres Calon Panglima TNI yang Diajukan Presiden Jokowi

- Rabu, 3 November 2021 | 12:32 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes TNI AD. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes TNI AD. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengusulkan Jenderal Andika Perkasa ke DPR RI sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun. Istana mengharapkan proses surat presiden (Surpres) perihal Panglima TNI ini.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan agar DPR segera memproses surpres calon Panglima TNI ini, kemudian dapat disetujui setelah melalui proses yang ada. 

“Sangat mengharapkan kepada ibu ketua dpr bahwa pimpinan DPR dan seluruh anggota DPR untuk bisa segera memproses dan kami sangat mengharapkan untuk bisa memperoleh persetujuan secepatnya sehingga kami bisa,” kata Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Pratikno berujar, ketika DPR sudah menyetujui calon yang diajukan, maka selanjutnya Presiden Jokowi dapat segera melantik Andika Perkasa.

“Pemerintah bisa segera menerbitkan keputusan presiden dan juga pak presiden bisa segera melantik Panglima TNI yang baru, sebelum Panglima TNI yang sekarang ini berakhir masa jabatannya,” jelas Pratikno.

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Jendral Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI yang baru untuk menggantikan peran Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun.  Bahkan surat presiden (surpres) sudah dikirimkan oleh Presiden Jokowi kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Adapun surat tersebut diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan diterima langsung Ketua DPR RI Puan Maharani. Di mana Presiden Jokowi mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

“Presiden dalam suratnya hanya mengajukan satu nama, presiden telah menyampaikan surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI atas nama Jenderal Andika Perkasa," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X