Militer Rusia Latihan Perang di Sumatera Utara Bulan Depan

- Rabu, 24 November 2021 | 08:11 WIB
Kapal perang anti-kapal selam Laksamana Panteleyev. (TASS/Yuri Smityuk)
Kapal perang anti-kapal selam Laksamana Panteleyev. (TASS/Yuri Smityuk)

Rusia akan mengerahkan personel Angkatan Laut bersama alat utama sistem senjata (alutsista) ke wilayah Sumatera Utara pada Desember 2021. Kehadiran Rusia di wilayah Indonesia dalam rangka latihan perang bersama negara-negara ASEAN.

"Latihan Angkatan Laut Rusia dengan ASEAN akan berlangsung di wilayah Sumatera Utara di perairan teritorial Indonesia pada 1-3 Desember," kata Wakil Tetap Rusia di ASEAN, Alexander Ivanov, Selasa (23/11/2021).

Dia menjelaskan, agenda ini menjadi momen pertama bagi Rusia dan ASEAN untuk melakukan latihan bersama. Latihan akan berlangsung dalam dua sesi, yaitu secara langsung dan virtual. 

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dikabarkan akan membuka latihan bersama ini.

"Kapal perang anti-kapal selam Laksamana Panteleyev akan mewakili Rusia dalam latihan ini," kata Ivanov. 

Latihan bersama ini disepakati pertama kali dalam KTT Rusia-ASEAN pada 28 Oktober lalu. Hubungan multilateral Rusia-ASEAN telah terjalin selama 30 tahun, yang bertujuan untuk lebih mengembangkan kemitraan strategis.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mempraktikkan interoperabilitas Angkatan Laut Rusia dan Angkatan Laut ASEAN, untuk memastikan kegaitan komersial dan pengiriman maritim yang kuat," kata Ivanov.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X