Usut Penyebab Bus Transjakarta Kecelakaan Terus, KNKT akan Investigas 4 Hal

- Rabu, 8 Desember 2021 | 11:36 WIB
Kondisi bus TransJakarta yang mengalami kecelakaan di Cawang, Jakarta. (ANTARA/Satlantas Polres Metro Jaktim)
Kondisi bus TransJakarta yang mengalami kecelakaan di Cawang, Jakarta. (ANTARA/Satlantas Polres Metro Jaktim)

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Kementerian Perhubungan akan menginvestigasi penyebab rentetan kecelakaan yang dialami bus TransJakarta. Setidaknya ada empat aspek yang akan didalami.

Plt Ketua Sub Komite Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Ahmad Wildan menyebutkan aspek pertama yang akan di investigasi adalah terkait organisasi dan manajemen pada struktur PT Transjakarta.

“Pemastian kesiapan awak, terkait pemastian kelaikan kendaraan, dan keempat terkait route hazard mapping (pemetaan bahaya). Jadi ada empat,” kata Wildan kepada wartawan, Rabu (8/12/2021).

BACA JUGA: Antisipasi Kecelakaan Bus, KNKT ke PO Bus: Istirahat Pengemudi Itu Penting!

Lebih lanjut, menurut Wildan, untuk menyelesaikan investigasi tersebut, pihaknya memerlukan waktu selama dua pekan. Setelah selesai, hasilnya akan dijadikan rekomendasi kepada pihak PT Transjakarta ke depannya.

“Nah kita janji dalam dua minggu kita akan sampaikan final report-nya kira-kira empat area tadi seperti apa, nanti improvement seperti apa,” ungkapnya.

Adapun, KNKT juga akan melakukan pemetaan untuk jalur yang rawan kecelakaan. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi pengemudi yang bekerja dan melewati jalur tersebut, serta agar pengemudi bisa lebih waspada.  

“Kita minta TransJakarta buat daerah-daerah mana saja yang sering terjadi kecelakaan sehingga semua pengemudi tahu kalau di tempat itu sering ada orang nyebrang,” terang Wildan.

“Sebelumnya tak ada keharusan buat bikin tapi sekarang itu penting. Nah area itu yang kita minta. Dan apa yang harus dilakukan pengemudi,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X