Dukung Ekonomi Digital Desa Wisata, Kemenparekraf Sediakan Internet Gratis di Desa Apar

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 22:05 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno (kanan) memegang papan pemberian layanan akses internet gratis di Desa Apar, Kota Pariaman, Sumbar saat mengunjungi desa itu, Jumat (27/8/2021).  (photo/ANTARA/Aadiaat MS)
Menparekraf Sandiaga Uno (kanan) memegang papan pemberian layanan akses internet gratis di Desa Apar, Kota Pariaman, Sumbar saat mengunjungi desa itu, Jumat (27/8/2021). (photo/ANTARA/Aadiaat MS)

Kemenparekraf menyediakan akses internet gratis selama satu tahun di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat, guna mendukung ekonomi digital di desa wisata yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) itu.

"Digitalisasi merupakan upaya kami untuk meningkatkan kelas desa wisata menjadi berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Apar, Pariaman, Sumbar, Jumat (27/8) dikutip dari ANTARA.

Ia mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan jaringan akses internet atau infrastruktur guna mengangkat kelas pariwisata di Desa Apar.

Selain infrastruktur pengelola desa wisata juga perlu meningkatkan keterampilan pelaku wisata di desa tersebut dengan memberikan pelatihan dan bimbingan agar bisa menghasilkan konten kreatif dan memasarkan produk kreatif melalui internet.

Baca juga: Viral Bendera Merah Putih Terpasang Terbalik di Rumdin Gubernur Riau, Petugas Disanksi

"Tidak saja mereka menjual produk kreatif melalui online, namun juga membuat video-video, gambar-gambar yang indah, konten-konten kreatif sehingga bisa bertahan dan bangkit (di masa pandemi)," katanya.

Sandiaga menyampaikan desa wisata saat ini menjadi fokus Kemenparekraf untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pascapandemi karena tepat guna dan sasaran karena langsung dinikmati oleh warga yang membutuhkan.

Dengan adanya bantuan internet gratis tersebut maka menambah jumlah objek wisata di Pariaman yang menyediakan internet gratis yaitu di Talao Pauh, Parkiran Muaro Pantai Gandoriah, dan kawasan pentas utama Pantai Gandoriah.

Selain itu, Pemerintah Kota Pariaman juga telah melaksanakan lomba video kreatif antardesa guna menggali potensi desa dan memaksimalkan promosi wisata melalui daring.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X