Kisah Kalu, Kera Terkaya yang Ditahan untuk Uang Tebusan & Akhirnya Temukan Keluarga Baru

- Jumat, 26 November 2021 | 23:40 WIB
Kalu, kera terkaya di dunia. (Photo/Monkey World)
Kalu, kera terkaya di dunia. (Photo/Monkey World)

Sebuah lembaga yang menyelamatkan simpanse menjadikan cerita baru untuk seekor simpanse bernama Kalu. Ia berhasil diselamatkan dari Somerset West, Afrika Selatan saat ditahan untuk tebusan sengketa keuangan O'Neill Estate.

Kisah Awal Kalu

-
Kalu dan majikannya. (Photo/Monkey World)

Kalu yang berusia 37 tahun dipelihara oleh mendiang Pat Cavendish O'Neill. Kalu tinggal di O'Neill's Broadlands Stud Farm di Somerset West selama lebih dari 30 tahun, setelah dia ditangkap dari alam liar di DRC.

Dia sebelumnya menjadi subjek dari buku "A Chimpanzee in the Wine Cellar" yang mendokumentasikan bagaimana O'Neill sampai memiliki Kalu, dan bagaimana dia mengatasi hewan liar sebagai "hewan peliharaan".

Meskipun memberinya persahabatan manusia dan kandang luar, dia menjadi terlalu besar dan berbahaya untuk berkeliaran bebas. Kalu tidak pernah memiliki keluarga dari jenisnya sendiri, atau tinggal bersama simpanse, sejak diambil dari alam liar.

Sejak O'Neill meninggal, perawatan Kalu diawasi oleh Pusat Primata Kota Monyet setempat, yang menghubungi Monkey World untuk melihat apakah Kalu dapat menemukan keluarga sejenis di pusat penyelamatan Dorset.

Kalu Dinobatkan Sebagai Kera Terkaya

-
(Photo/Monkey World)

Kalu tinggal di sebuah rumah mewah di pinggiran Cape Town, Afrika Selatan. Dia adalah kera terkaya di dunia. Pemiliknya Patricia O'Neill sangat menyukai binatang sehingga dia mewariskan semua uangnya kepada beberapa lusin anjing dan kucing, tetapi Kalu mendapat perkiraan paling banyak 90 juta dollar (Rp1,2 triliun).

Penyelamatan Kalu

-
(Photo/Monkey World)

Diskusi dengan O'Neill's Estate dan Trust yang didirikan atas namanya memungkinkan simpanse pindah dari Afrika ke rumah barunya di Dorset. Namun, penyelamatan Kalu terancam ketika tim Monkey World dicegah memasuki Peternakan Broadlands pada hari mereka akan memindahkannya.

Negosiasi antara pemilik tanah dan O'Neill Trust & Estate membawa tim ke Kalu tetapi tidak sebelum mereka ketinggalan penerbangan dari Cape Town.

Direktur Monkey World, Dr Alison Cronin, Direktur Hewan Jeremy Keeling, dan dokter hewan spesialis satwa liar Dr John Lewis melakukan perjalanan epik kembali ke Inggris, dengan simpanse dalam penerbangan yang sama, 24 jam kemudian.

Baca juga: Merinding! Asyik Nyanyi Malam-malam, Gadis Ini Tiba-tiba Kesurupan: Saya Mau Pulang

Kalu Hidup Panjang dan Bertemu Keluarga Baru

-
(Photo/Monkey World)

Primata adalah hewan yang berumur panjang, dan Kalu bisa hidup 20 tahun lagi, jadi sangat penting dia diberi kesempatan di sebuah keluarga dan hidup dengan jenisnya sendiri untuk pertama kalinya dalam hidupnya.

Setibanya di Inggris, Alison dan tim dengan cepat membuat Kalu hidup di taman, tinggal bersama keluarga barunya, sebuah komunitas yang terdiri dari lima simpanse lainnya termasuk tiga simpanse lainnya yang juga telah diselundupkan dari alam liar dan digunakan dalam sirkus dan sebagai alat peraga fotografer di Siprus, Meksiko, dan Thailand.

Kalu Memulai Rehabilitasi

-
(Photo/Monkey World)

Kalu telah memulai rehabilitasinya dengan mengunjungi dokter hewan untuk perawatan kritis dan sekarang bertemu dengan keluarga barunya. Tim Monkey World menemukan bahwa bertahun-tahun hidup dengan orang-orang dan makan camilan serta makanan olahan telah membuat Kalu memiliki banyak gigi busuk dan diabetes yang mengancam jiwa.

-
(Photo/Monkey World)

Begitu berada di pusat penyelamatan, enam gigi busuknya dicabut dan dengan diet yang tepat, kadar gulanya, dan status diabetesnya, telah berkurang setengahnya. Tim berharap Kalu bisa sembuh total.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X