Sosok Pembantai 4 Petani di Poso Sudah Diidentifikasi: Pelaku Atas Nama Qatar Dkk, DPO MIT

- Rabu, 19 Mei 2021 | 19:55 WIB
Dua orang menjadi korban kejahatan oleh MIT di Kabupaten Poso (Istimewa)
Dua orang menjadi korban kejahatan oleh MIT di Kabupaten Poso (Istimewa)

Kasus pembantaian empat petani di Poso, Sulawesi Tengah memasuki babak baru. Mabes Polri menyebut pihaknya sudah berhasil mengidentifikasi para pelaku pembantaian.

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan menyebut proses identifikasi dilakukan usai polisi memeriksa saksi-saksi. Dari pemeriksaan tersebut didapati jika pelaku diduga kuat merupakan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

"Pelaku diduga adalah kelompok teroris MIT atas nama Qatar dan kawan-kawan," kata Kombes Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (19/5/2021).

BACA JUGA: Polri Ungkap Jumlah Anggota KKB, Ternyata Capai Ratusan Orang

Qatar dkk ini disebut Ramadhan masih termasuk bawahan dari Ali Kalora yang merupakan pimpinan dari MIT. Dalam aksi pembantaian terhadap empat petani, Ramadhan menyebut Katar didampingi lima rekannya saat beraksi.

"Diperkirakan lima orang yang merupakan bagian atau kelompok MIT pimpinan Ali Kalora," beber Ramadhan.

Hingga saat ini, TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Madago Raya masih memburu MIT di Poso. Proses pencarian masih dilakukan oleh personel gabungan.

"Saat ini personel Polres Poso, Polda Sulteng serta Satgas Madago Raya masih melakukan pengejaran kelompok tersebut," kata Ramadhan.

Seperti diketahui, empat petani warga Desa Kalimago, Lare Timur, Poso dibantai oleh kelompok MIT hingga tewas. Insiden tersebut terjadi pada Selasa, 11 Mei 2021.

Keempat korban antara lain berinisial MS, SS, P dan L. Dari keempat korban, dua diantaranya ditemukan dalam kondisi kepala terpenggal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X