Mengintip Momen Presiden Jokowi Bajak Lahan di Tengah Teriknya Matahari di Papua

- Senin, 4 Oktober 2021 | 17:10 WIB
Momen Jokowi bajak lahan di Papua. (Instagram/@jokowi)
Momen Jokowi bajak lahan di Papua. (Instagram/@jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan momen saat dirinya ikut membantu para petani jagung membajak lahan dengan menggunakan traktor, alat pembajak lahan.

Dalam foto, Jokowi tampak tak canggung memegang traktor tersebut. Dengan mengenakan kemeja putih dan sepatu hitam, Jokowi terlihat tak peduli meski matahari sedang terik-teriknya. Lahan itu sendiri akan ditanami benih jagung.

"Saya ikut menanam benih jagung bersama para petani Papua Barat di satu lokasi di Kabupaten Sorong, pagi ini. Para petani di sini sudah memanfaatkan teknologi pertanian untuk mengolah lahan mereka," tulis Jokowi pada akun Instagram-nya, Senin (4/10/2021).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Melalui postingannya, Jokowi juga mengungkapkan bahwa Papua Barat memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi produsen komoditas pertanian di Indonesia Timur.

Baca juga: 'Mampir' ke Merauke, Jokowi Janji akan Bangunkan Rumah Bagi Warga Suku Asmat

Papua Barat memiliki 11.000 hektare lahan tanaman jagung dan 7.000.000 hektare untuk tanaman pangan dan hortikultura. Meski lahannya sangat luas, namun pemanfaatnya baru sekitar 33 persen.

Karena itu, Jokowi meminta agar Menteri Pertanian dan Gubernur Papua Barat meningkatkan lagi produktivitas pertanian di daerah Sorong dan daerah lainnya.

"Caranya, dengan mengubah sistem tanam dari satu kali menjadi dua atau tiga kali tanam dalam setahun, memanfaatkan teknologi pertanian, pelatihan, membuka akses permodalan, juga adanya pengairan," kata Jokowi.

Jokowi berharap kebutuhan pangan di Papua bisa terpenuhi dengan hasil pertanian mereka sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X