Robot Patroli 'Anti Kerumunan' Ini Memicu Ketakutan, Masyarakat Merasa Selalu Diawasi

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 21:11 WIB
Robot pengawas Xavier ini mulai meresahkan masyarakat. (Photo/Daily Star)
Robot pengawas Xavier ini mulai meresahkan masyarakat. (Photo/Daily Star)

Uji coba robot patroli di Singapura yang sering memberikan peringatan kepada orang-orang yang diduga terlibat 'pertemuan tak diperlukan' kini memicu kekhawatiran. Hal ini karena masyarakat merasa selalu diawasi setiap saat.

Dilansir dari Daily Star, Rabu (6/10/2021), langkah pemerintah itu menambah kegiatan teknologi pengawasan di negara-kota yang dikontrol ketat. Bahkan, dianggap telah melawan tindakan pribadi terhadap masyarakat.

-
(Photo/Daily Star)

Robot tersebut juga sebelumnya pernah menghentikan orang yang melanggar aturan COVID-19. Meski para pejabat pemerintahan terus mendorong visi 'teknologi pintar', namun para aktivis menyebut privasi masyarakat dikorbankan. Masyarakat dianggap cuma memiliki sedikit kendali atas apa yang terjadi dengan data mereka.

Di samping itu, Singapura juga dikritik karena membatasi kebebasan sipil dan orang-orang terbiasa dengan kontrol yang ketat, tetapi masih ada kegelisahan yang meningkat pada teknologi yang mengganggu.

-
(Photo/Daily Star)

Baca juga: Akibat Perubahan Iklim, Bom Metana Membuat Lubang Besar & Ledakan Es di Permafrost Siberia

Perangkat pengawasan terbaru pemerintah adalah robot di atas roda, dengan tujuh kamera. Mereka mengeluarkan peringatan kepada orang-orang atas perilaku anti-sosial. Ini termasuk merokok di area terlarang dan memarkir sepeda dengan tidak semestinya.

-
(Photo/Ilustrasi/Reuters)

Selama patroli baru-baru ini, salah satu robot "Xavier" berjalan melewati perumahan dan berhenti di depan sekelompok penduduk lanjut usia yang sedang menonton pertandingan catur.

"Tolong jaga jarak satu meter, harap tetap lima orang per kelompok," sebuah suara robot terdengar, ketika kamera di atas mesin mengarahkan pandangannya pada mereka, dilansir dari laporan The Guardian, Rabu (6/10/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X