Setelah 24 Jam Pemadaman Listrik, Pasokan Listrik di Lebanon Kembali Pulih

- Senin, 11 Oktober 2021 | 09:45 WIB
Pasokan listrik di Lebanon kembali pulih. (REUTERS/Mohamed Azakir)
Pasokan listrik di Lebanon kembali pulih. (REUTERS/Mohamed Azakir)

Pemadaman listrik yang terjadi di Lebanon selama 24 jam pada hari Sabtu (9/10/2021) membuat negara itu berada dalam kegelapan. Tapi pada hari Minggu pasokan listrik di negara tersebut sudah dipulihkan.

Pemadaman nasional terjadi saat dua pembangkit listrik terbesar, Zahrani dan Deir Ammar, berhenti beroperasi setelah kehabisan bahan bakar.

Masyarakat di Lebanon tidak hanya mengalami penderitaan pemadaman listrik. Tapi kenaikan harga dan krisis keuangan juga menambah penderitaan masyarakat.

Dilansir Metro, kementerian energi Lebanon mengatakan pada Minggu (10/10/2021) bahwa pasokan listrik sudah kembali normal.

Baca juga: 2 Pembangkit Listrik Lebanon Dimatikan Akibatnya Negara Itu Mengalami Pemadaman Listrik

Pemerintah dilaporkan telah menerima lebih dari Rp1,3 triliun kredit untuk mengeluarkan tender impor bahan bakar untuk menghidupkan kembali generator.

Pemadaman listrik sudah menjadi masalah di Lebanon sejak 1990, ketika perang saudara 15 tahun berakhir. Lebanon sangat bergantung pada bahan bakar impor.

-

Orang belanja di toko menggunakan lampu portabel. (REUTERS/Mohamed Azakir)

Banyak orang yang menggunakan generator diesel pribadi, hanya saja pasokannya juga terbatas.

Pemadaman listrik merupakan bagian krisis ekonomi dan politik yang lebih luas mempengaruhi semua aspek kehidupan sehari-hari di Lebanon, di mana PBB memperkirakan bahwa 78% dari populasi hidup dalam kemiskinan.

Mata uang Lebanon juga anjlok dan pengangguran melonjak di tengah ketidakpuasan pada sistem politik lama yang dituduh lalai dan korupsi.

Lebanon berada dalam kekacauan politik setelah pemerintahan sementara dilantik menyusul ledakan dahsyat di ibu kota Beirut yang menewaskan lebih dari 150 orang dan menghancurkan sebagian besar kota Agustus lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X