BNPB: 14 Kecamatan di Jakarta yang Dilanda Banjir Berangsur Surut

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 18:20 WIB
Ilustrasi penampakan banjir di perumahan Ciledug Indah, Tangerang. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Ilustrasi penampakan banjir di perumahan Ciledug Indah, Tangerang. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) mencatat ada sebanyak 14 kecamatan di Jakarta yang terendam banjir. Namun, berdasarkan kondisi saat ini, genangan air tersebut sudah mulai surut.

Adapun belasan kemacatan itu terdiri dari Kecamatan Cilandak (Kelurahan Lebak Bulus dan Pondok Labu), Kecamatan Kebayoran Lama (Kelurahan Cipulir dan Pondok Pinang), Kecamatan Kebayoran Baru (Kelurahan Petogogan), dan Kecamatan Jagakarsa (Kelurahan Ciganjur, Srengseng Sawah, Cipedak dan Tanjung Barat).

Kemudian, Kecamatan Mampang Prapatan (Kelurahan Bangka), Kecamatan Pesanggarahan (Kelurahan Ulujami), Kecamatan Pasar Minggu (Kelurahan Cilandak Timur dan Pejatem Timur) serta Kecamatan Pancoran (Kelurahan Rajawati).

Baca Juga: Sambut Kepulangan Jemaah Haji Indonesia, Menko PMK dan Menhub Pastikan Prokes Berjalan

Selanjutnya, Kecamatan Kebon Jeruk (Kelurahan Kedoya Utara), Kecamatan Cengkareng (Kelurahan Rawa Buaya), Kecamatan Kembangan (Kelurahan Joglo dan Kembangan Utara) serta Kecamatan Kalideres (Kelurahan Tegal Alur dan Kamal).

Sedangkan pada lokasi Kota Jakarta Timur, banjir merendam pemukiman warga di Kecamatan Kramat Jati (Kelurahan Cililitan, Cawang dan Balekambang) dan Kecamatan Jatinegara (Kelurahan Bidara Cina dan Kampung Melayu).

“Adapun kondisi mutakhir saat ini terpantau banjir di beberapa wilayah berangsur surut,” ucap Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Sabtu (16/7/2022).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 111 rumah terendam banjir, dengan tinggi muka air 30 sampai 50 sentimenter. Terdapat 9 jiwa atau 2 KK yang mengungsi ke rumah kerabat dekat.

“BPBD DKI Jakarta melakukan peninjauan langsung ke lokasi dan memberikan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir,” tandasnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X