Hasil Uji Remdesivir yang Positif, Dorong IHSG dan Rupiah ke Zona Hijau

- Kamis, 30 April 2020 | 10:22 WIB
Ilustrasi obat untuk tangani virus corona Remdesivir. (freepik).
Ilustrasi obat untuk tangani virus corona Remdesivir. (freepik).

Hasil uji klinis yang positif terhadap obat Remdesivir sebagai obat yang efektif untuk mengobati pasien virus corona (Covid-19) dan komitmen The Fed untuk mempertahankan suku bunga acuan mendekati nol selama masih diperlukan untuk menopang ekonomi, disebut menjadi katalis positif pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar Rupiah pada hari ini. 

Dari hasil pemantauan Indozone di RTI Business, IHSG pada hari ini, Kamis (30/4/2020) pukul 09.45 WIB atau tak berapa lama setelah dibuka, bergerak naik cukup signifikan. IHSG menguat 80 poin atau setara 1,76% ke level 4647. 

Sementara itu disaat yang sama, rupiah tercatat paling perkasa dibandingkan dengan dolar Amerika, dolar Australia, Chinese Yuan, Euro, Poundsterling, hingga Hong Kong Dolar, Ringgit, Singapore Dolar, Japan Yen dan Korean Won. 

Terhadap Dolar AS, Rupiah menguat signifikan 270 poin atau setara 1,77% ke level Rp15.025/USD. 

-
Ilustrasi harga saham yang membaik ke zona hijau. (Pixabay/geralt).

Tim Analis Indo Premier Sekuritas sebelumnya telah memprediksi, hasil positif Remdesivir, komitmen The Fed soal suku bunga, hingga menguatnya sebagian besar harga komoditas, bakal menjadi sentimen positif pada perdagangan capital market hari ini. 

" IHSG diprediksi seharian ini akan melanjutkan penguatannya dengan support di level 4,520 dan resistance di level 4,610," tegas Tim Analis Indo Premier Sekuritas dalam risetnya pagi ini, Kamis (30/4/2020). 

Sebagaimana diketahui, dikutip dari Reuters, pada perdagangan Kamis dini hari WIB tadi di New York, indeks di bursa Wall Street ditutup menguat dipicu oleh positifnya hasil uji klinis remdesivir sebagai obat potensial yang efektif untuk mengobati pasien Covid-19.

Dr Anthony Fauci, Direktur Lembaga Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular dalam pernyataan terbarunya mengatakan bahwa remdesivir mempunyai efek yang positif dalam pengobatan pasien virus corona. Gilead Sciences sebagai produsen obat tersebut menambahkan, berdasarkan uji klinis yang dilaksanakannya, kondisi pasien yang mengkonsumsi Remdesivir juga terpantau membaik.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X