Berduka Jenderal Iran Tewas, Wakil Ketua MPR: AS Jangan Arogan

- Jumat, 10 Januari 2020 | 16:26 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad (kiri) berkunjung ke kediaman Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Khoush Heikal Azad, di Jakarta, Jumat (Biro Humas dan Pemberitaan MPR RI).
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad (kiri) berkunjung ke kediaman Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Khoush Heikal Azad, di Jakarta, Jumat (Biro Humas dan Pemberitaan MPR RI).

Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad, turut berbelasungkawa atas tewasnya Jenderal Iran, Qassem Soleimani oleh rudal milik Amerika Serikat (AS), di Baghdad, Irak. 

Fadel pun menyesalkan sikap angkuh yang diperlihatkan AS terhadap dunia, khususnya Iran, dalam menyikapi sebuah persoalan. Oleh karenanya, Fadel berusaha berempati atas kasus itu dengan menyambangi kediaman Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Khoush Heikal Azad, di Jakarta, Jumat (10/1/2020). 

"Saya ke sini menunjukkan simpati dan sampaikan turut berduka cita atas pembunuhan Jenderal Soleimani, pahlawan Iran yang sangat berjasa," kata Fadel selesai kunjungannya. 

Tewasnya Soleimani tidak hanya sekadar konflik kedua negara, melainkan tragedi kemanusiaan di mata Fadel. Dia pun ingin ada jalan keluar yang baik antara Iran dan AS, yakni perdamaian. 

Fadel pun meminta AS mengambil pelajaran dari peristiwa Soleimani. Pemerintah Negeri Paman Sam harus lebih menahan diri dan tidak gegabah dalam bertindak demi meminimalisasi konflik besar antarnegara. 

"Tetap meminta kepada Amerika jangan terlalu angkuh, jangan terlalu arogan dalam melihat perkembangan yang ada di dunia saat ini, terutama di Iran," tutur Fadel. 

Sebelumnya, Soleimani tewas dalam sebuah serangan rudal di Bandara Baghdad, Jumat (3/1/2020) waktu setempat. Rudal itu menghantam konvoi Hashed al-Shaabi dan menewaskan delapan orang, yang salah satunya Soleimani. 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X