Imbas Corona, Ujian Nasional 2020 Diusulkan Ditunda

- Senin, 16 Maret 2020 | 12:11 WIB
Ilustrasi siswa Ujian Nasional (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Ilustrasi siswa Ujian Nasional (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Terkait dengan merebaknya virus corona di Indonesia, sejumlah sekolah mengungkapkan setuju jika Ujian Nasional (UN() 2020 ditunda.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) terhadap 210 guru dari seluruh provinsi di Indonesia, sebanyak 63% setuju jika UN ditunda. Sementara 31% lainnya meminta agar UN tetap dilaksanakan.

Sedangkan sisanya tidak terlalu mempersoalkan UN ditunda atau tetap dilanjutkan.

-
Ilustrasi siswa tengah melaksanakan ujian. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

"Ini dilaksanakan sebelum DKI Jakarta memutuskan meliburkan sekolah dan menunda Ujian Nasional 2020," kata Ramli pada Minggu (15/3/2020).

Dari hasil survei tersebut, IGI menilai bahwa pemerintah perlu mencermati dan mengambil langkah terkait dengan virus corona.

Tak hanya soal UN saja, tapi juga intensitas pertemuan antara guru dan siswa menjelang UN.

Sementara itu, Pemprov Jawa Barat telah memutuskan untuk menunda pelaksanaan UN dan Ujian Sekolah (US), yang rencananya akan digelar hari ini, Senin (16/3/2020).

“Sehubungan terdapatnya keadaan darurat, yaitu telah ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi di Jawa Barat, maka penyelenggaraan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah ditunda sementara waktu sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian,” ujar Kadisdik Jawa Barat Dewi Sartika dalam surat edaran Dinas Pendidikan Pemprov Jawa Barat, Minggu (15/3/2020).

Dalam surat itu pula dijelaskan bahwa seluruh sekolah diliburkan sejak tanggal 16 Maret hingga 29 Maret 2020.

Dewi meminta agar setiap guru dan tenaga pengajar bisa memberikan tugas atau materi pembelajaran jarak jauh kepada seluruh siswa.

Ia juga meminta agar satuan pendidikan bisa menginformasikan pada seluruh orang tua agar mengawasi anaknya dalam hal kegiatan belajar di rumah.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X