Momen Paskah Anies Baswedan, Datangi 2 Gereja hingga Bikin Festival Telur

- Minggu, 17 April 2022 | 20:01 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswdan (Dok. Pemprov DKI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswdan (Dok. Pemprov DKI)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sejumlah kegiatan pada perayaan Paskah kali ini. Ia diketahui mendatangi rangkaian ibadah di Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, Jakarta Pusat, dan Gereja Katolik Maria Kusuma Karmel, Jakarta Barat.

Dalam kunjungannya ke GPIB Immanuel, Anies berbicara mengenai penguatan persatuan di Jakarta. Sedangkan di Gereja Katolik Maria Kusuma Karmel, ia menyerap aspirasi jemaat terkait izin mendirikan gereja.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menegaskan, Pemprov DKI Jakarta berprinsip untuk menghadirkan kesetaraan dan keadilan di kota Jakarta, termasuk peribadatan warganya.

Baca juga: Kasatpol PP Makassar Ditangkap Terkait Penembakan Pegawai Dishub, Ada Motif Cinta Segitiga

“Jakarta merupakan tempat berkumpulnya semua unsur yang ada di Indonesia. Maka dari itu kita harus memastikan semua mendapatkan kesetaraan, kesempatan,” ucap Anies dalam keterangannya, Minggu (17/4/2022). 

“Semua (termasuk izin gereja), dikerjakan dengan cara seksama dan tuntas. Kita jalankan ini semua dengan berpegang pada prinsip kesetaraan di semua tempat. Bukan hanya gereja, tetapi semua tempat peribadatan dan izin-izin lainnya,” tambahnya. 

Hadirkan Festival Telur Paskah

Selain mengunjungi gereja, pada momen perayaan Paskah ini, Anies pun turut menghadirkan Festival Telur Paskah di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Ia ingin momentum ini menjadi kebangkitan setelah pandemi Covid-19 menyerang selama dua tahun.

“Saya bersyukur bahwa pada tahun ini peringatan Paskah sudah bisa diselenggarakan secara terbuka, karena dua tahun sebelumnya kita harus menjalani masa isolasi dan kini beranjak membaik. Semoga pandemi ini segera selesai,” ungkap Anies. 

Lebih lanjut, Anies juga menjelaskan, Pemprov DKI ingin kesetaraan, persatuan, dan perasaan kebersamaan, dapat hadir di kota ini. Salah satunya adalah dengan memperingati hari besar keagamaan di ruang publik atau ruang ketiga. Sehingga, dapat menghadirkan pengalaman berharga bagi warga kota. 

“Kita ingin di kota Jakarta kesetaraan benar-benar hadir, kesempatan yang sama dan ruang ketiga dipakai untuk kita bisa menyambut hari besar agama. Itulah yang terjadi pada hari ini dan menjadi babak baru, khususnya bagi anak-anak yang datang semoga menjadi kenangan berharga bagi mereka,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X