WHO Sebut Kerumunan di Rumah Sakit Memperburuk Krisis COVID di India

- Rabu, 28 April 2021 | 00:29 WIB
Seorang pasien yag menunggu untuk dirawat di luar bangsal korban di rumah sakit Guru Teg Bahadur, di tengah penyebaran penyakit di New Delhi, India, 23 April 2021.  (photo/REUTERS/Danish Siddiqui)
Seorang pasien yag menunggu untuk dirawat di luar bangsal korban di rumah sakit Guru Teg Bahadur, di tengah penyebaran penyakit di New Delhi, India, 23 April 2021. (photo/REUTERS/Danish Siddiqui)

Warga di India disebut tak perlu terburu-buru ke rumah sakit, hingga memperburuk krisis lonjakan penularan COVID-19 yang disebabkan adanya pertemuan massal, varian yang lebih menular dan rendahnya tingkat vaksinasi, demikian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (27/4).

Kematian COVID-19 di India kini mencapai 200.000. Rumah sakit yang tidak memiliki persediaan cukup oksigen dan tempat tidur menolak pasien COVID-19.

WHO sedang menyediakan peralatan dan pasokan mendesak ke India, termasuk 4.000 konsentrator oksigen, yang hanya membutuhkan sumber energi, kata juru bicara WHO Tarik Jasarevic.

Kurang dari 15 persen penderita COVID-19 sebenarnya membutuhkan perawatan rumah sakit dan bahkan lebih sedikit pasien yang akan membutuhkan oksigen, katanya.

"Saat ini, salah satu masalahnya yakni banyak orang yang buru-buru ke rumah sakit (hal ini karena mereka tidak mempunyai akses untuk mendapatkan informasi/nasihat), padahal pemantauan perawatan berbasis rumah di rumah dapat dilakukan dengan sangat aman," kata Jasarevic dikutip dari REUTERS.

Pusat kesehatan di tingkat masyarakat harus memilih dan memilah pasien dan memberikan imbauan tentang perawatan di rumah yang aman, sementara mesti juga tersedia informasi melalui hotline atau papan pengumuman, katanya.

"Seperti halnya terjadi negara mana pun, WHO mengatakan gabungan antara pelonggaran aturan perlindungan pribadi, pertemuan massal dan varian yang lebih menular di mana cakupan vaksin masih rendah, mampu menciptakan tsunami yang sempurna," katanya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X