Salut! Polisi di Kolaka Utara Ini Ajari Tahanan Mengaji dari Balik Jeruji

- Minggu, 5 September 2021 | 20:00 WIB
Polisi di Kolaka Utara ajari tahanan mengaji dari balik sel. (ANTARA/HO-Humas Polres Kolaka Utara)
Polisi di Kolaka Utara ajari tahanan mengaji dari balik sel. (ANTARA/HO-Humas Polres Kolaka Utara)

Seorang anggota kepolisian dari Polres Kolaka Utara, Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) mengajari tahanan muslim untuk mengaji dari balik sel.

Polisi bernama Aipda Ismail Tamrin itu meluangkan waktunya untuk mengajari para tahanan dari berbagai kasus.

Dilansir Antara, Minggu (5/9/2021), Aipda Ismail mengaku bahwa dia hanya mengetahui sedikit tentang agama. Namun, dengan ilmu tersebut dia ingin bermanfaat bagi orang lain.

“Intinya saya mencoba belajar bareng sama tahanan. Saya ingin hidup saya bisa bermanfaat,” kata dia.

Ismail mengajari tahanan mengaji selama seminggu dua kali sehabis apel pagi di Polres Kolaka Utara. Tak hanya memberikan ceramah, ia juga mengajarkan ilmu tajwid, qiroat serta bacaan dalam shalat.

Dari kegiatan itu, tak sedikit para tahanan yang bisa mengaji, serta hafal surat-surat dalam Al Quran, terutama tahanan yang sudah lansia.

Selama mengajar ngaji, Ismail mengaku banyak suka maupun dukanya. Apalagi latar belakang tahanan yang berbeda membuat dirinya harus bersabar.

Meski begitu, karena ia sudah berniat menjalankan ibadah dengan ikhlas, sehingga seberat apa pun masalah yang dihadapi, harus dilakukan dengan rasa nyaman.

“Saya juga ingin membuktikan anggota polisi juga bisa menjadi pengayom masyarakat, tak terkecuali bagi pelaku kejahatan,” ujar dia.

Ia berharap, para tahanan dapat berubah menjadi lebih baik dengan adanya pembelajaran agama, misalnya menyadari kesalahan hingga bertobat dan mendalami ilmu agama

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Kolaka Utara AKP Hasanuddin mengatakan sangat bangga dengan kegiatan rutin yang dilakukan Aipda Ismail tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X