Proyek Masjid Sriwijaya Dikorupsi, MUI: Pelaku Harus Dihukum Mati!

- Jumat, 24 September 2021 | 09:58 WIB
kiri: Wakil Sekjen MUI Bidang Hukum dan HAM. (Istimewa) / kanan: Masjid Sriwijaya, Palembang. (ANTARA/Dolly Rosana)
kiri: Wakil Sekjen MUI Bidang Hukum dan HAM. (Istimewa) / kanan: Masjid Sriwijaya, Palembang. (ANTARA/Dolly Rosana)

Wakil Sekjen MUI Bidang Hukum dan HAM, Ikhsan Abdullah mengaku tak menyangka jika proyek pembangunan Masjid Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan diduga dikorupsi senilai Rp130 miliar.

"Dana yang dikorupsi semua tidak lagi terpilah dari proyek sarana olahraga, bantuan sosial, pengadaan kitab Al-Qur'an, hingga dana hibah pembangunan masjid. Jadi tidak ada lagi yang ditabukan, semuanya bila bisa dikorup ya dikorupsi," kata Ikhsan, Kamis (23/9).

Ikhsan menyebut para koruptor tak memperdulikan lagi dengan jenis dana yang mereka ambil, bahkan pembangunan rumah Allah sekalipun.

"Bahkan pembangunan rumah Allah, yakni masjid pun dikorupsi. Sesuatu hal di luar batas moral dan nilai religiusitas yang kita junjung tinggi. Sepertinya sulit diterima akal sehat apalagi secara moral dana hibah untuk pembangunan masjid kok dikorupsi juga," katanya.

Ikhsan jngin para terdakwa diberikan hukuman yang berat, bahkan bila perlu diberi hukuman mati.

"Perlu hukuman yang berat bila perlu untuk korupsi bansos dan dana hibah pembangunan masjid bila terbukti wajib dihukum mati, agar ada efek jera. Korupsi itu merusak generasi dan menghancurkan keberlangsungan kebaikan bagi manusia," pungkasnya.

Diketahui, kasus dugaan korupsi telah diusut sejak awal 2020 dengan kasusnya yang bermula dari pembangunan masjid yang terbengkalai. 


"Dari hasil penyelidikan adanya dugaan telah terjadi tindak pidana korupsi dalam proses pembangunan Masjid Sriwijaya, Palembang, sehingga dinaikkan ke tingkat penyidikan," kata Kasi Penkum Kejati Sumsel, Khaidirman, Minggu (14/2).

Masjid Sriwijaya diketahui dibangun menggunakan dana hibah Pemprov Sumsel tahun 2016 dan 2017 senilai Rp130 M. Namun pembangunannya diduga tak sesuai dengan anggaran yang diberikan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X