Kemenag Lepas 419 Jemaah Umrah: Patuhi Prokes, Jaga Kepercayaan Pemerintah Indonesia

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 15:32 WIB
Ilustrasi. (Unsplash/Windi Setyawan)
Ilustrasi. (Unsplash/Windi Setyawan)

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief melepas 419 jemaah umrah asal Indonesia untuk berangkat ke Arab Saudi

Pelepasan jemaah itu dilaksanakan hari ini di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta pada Sabtu (8/1/2022). 

Mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Hilman menyampaikan pesan Menag agar mematuhi aturan di tanah air dan di Arab Saudi nanti. 

Kepada jemaah dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Hilman meminta mereka menunjukkan bahwa jemaah Indonesia itu patuh pada aturan. 

"Jaga kepercayaan Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Tunjukkan bahwa jemaah umrah Indonesia patuh pada aturan, khususnya patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Ingatlah, pandemi Covid-19 belum berakhir," ucap Hilman dalam keterangannya, Sabtu (8/1/2022).

Hilman juga menyampaikan, pihaknya tengah memfinalisasi regulasi tentang penyelenggaraan umrah di masa pandemi, termasuk yang terkait integrasi sistem dengan pemerintah Arab Saudi. Hal ini diperlukan untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan perlindungan jemaah.

"Proses verifikasi sertifikasi vaksin, tes kesehatan, karantina dan screening kesehatan dilaksanakan secara mudah, cepat, valid, akurat, serta menjamin kepatuhan persyaratan yang telah ditentukan oleh kedua negara, Indonesia dan Arab Saudi," ujar Hilman.

Baca juga: Umrah Resmi Dibuka per Hari Ini, Pimpinan DPR Ingatkan Pentingnya Prokes

Sesuai pesan Menag, Hilman mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia atas dukungannya terhadap penyelenggaraan ibadah umrah kali ini.

"Kami menitipkan jemaah umrah Indonesia untuk mendapatkan pelayanan terbaik sebagai tamu Allah, saudara sesama muslim dan pengunjung dua tanah suci," ungkap Hilman.

Selain itu, Hilman juga mengucapkan terima kepada Pemerintah, kepada kementerian/lembaga yang turut berpikir dan bekerja untuk suksesnya pemberangkatan jemaah umrah.

"Semoga Allah meridhoi kita untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah umrah, serta bangsa dan negara," tandasnya.

Dalam acara pelepasan jemaah Umrah asal Indonesia ini turut dihadiri Wakil Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Sulaiman, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi dan Haji Terpadu Jaja Jaelani, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X