Saatnya Generasi Milenial dan Z Jadi Pengusaha, Ambil Peluang Tanpa Batas di Era Metaverse

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi Metaverse (Pixabay/Tumisu)
Ilustrasi Metaverse (Pixabay/Tumisu)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak generasi milenial dan Z meningkatkan kompetisi untuk mengambil peluang di era metaverse yang penuh berbagai peluang baru dalam percepatan ekonomi, terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Melalui metaverse, pengusaha dapat membuka peluang tanpa batas untuk meraih banyak keuntungan dengan cara yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan,” kata Menparekraf Sandiaga Uno ketika mengikuti sebuah diskusi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, seperti dilansir ANTARA, Sabtu (15/1/2022).

Metaverse adalah sebuah dunia virtual yang membuat para pengguna dapat berbelanja, bersosialisasi, mengambil bagian dalam kegiatan, berdagang, rekreasi, dan belajar di dalam realitas virtual tersebut.

Bagi para pelaku di bidang industri kreatif seperti digital, desain, dan gim, dinilai memiliki peluang besar untuk meraih banyak peluang di metaverse.

"Meninjau sumber daya manusia di Indonesia yang didominasi usia produktif, maka era metaverse dianggap dapat menjadi wadah serta peluang percepatan ekonomi," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

BACA JUGA: Bill Gates Prediksi Sebagian Besar Meeting Virtual Akan Jadi 'Metaverse' dalam 2-3 Tahun

Memasuki era baru ini, lanjutnya, sebanyak 23 juta lapangan kerja kemungkinan besar tergantikan. Tetapi, terdapat 46 juta lapangan kerja baru terutama berkaitan dengan artificial intelligence, serta blockchains dengan virtual reality, dan augmented reality.

"Kita harus bergerak secara tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu agar apa yang diinginkan oleh teman-teman milenial ini mereka menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ungkap Menparekraf Sandiaga Uno.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X