Ternyata Ada Teknologi yang Akan Digunakan Oleh Pam Swakarsa Gagasan Komjen Listyo

- Selasa, 26 Januari 2021 | 18:48 WIB
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta. (Foto: ANTARA/Galih Pradipta)
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta. (Foto: ANTARA/Galih Pradipta)

Calon Kapolri tunggal, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo berencana akan mengaktifkan kembali Pam Swakarsa. Pam Swakarsa kali ini akan memanfaatkan teknologi yang ada.

"Betul sekali, dengan situasi kekinian kita sedang bermain dengan teknologi informasi khususnya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (26/1/2021)

Brigjen Rusdi menyebut nantinya anggota Pam Swakarsa bakal dibekali dengan teknologi yang berguna untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pihak kepolisian.

"Nanti bagaimana satuan-satuan pengamanan, satuan-satuan lingkungan yang dikendalikan dan diawasi oleh Polri itu akan dipermudah dalam rangka berhubungan dengan kepolisian antara lain mungkin dengan alat komunikasi antara pihak satuan pengamanan maupun satkamling dengan Polri," beber Rusdi.

BACA JUGA: Kapolri Baru Akan Hidupkan Kembali PAM Swakarsa, Bagaimana Perekrutannya?

Lebih jauh Rusdi menyebut dimungkinkan akan ada tombol panic button untuk para Pam Swakarsa. Tombol itu terkoneksi dengan pihak kepolisian dan bisa ditekan jika dalam keadaan darurat.

"Mungkin bisa pada satuan-satuan pengamanan atau satuan-satuan keamanan lingkungan diberi panic button. Ketika dia ada masalah, tekan tombol sehingga tombol itu akan memberikan isyarat kepada polisi terdekat sehingga polisi bisa cepat mendatangi tempat-tempat membutuhkan kehadiran kepolisian," kata Rusdi.

Seperti diketahui, calon tunggal Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yakni Komjen Listyo Sigit Prabowo berencana mengaktifkan kembali Pam Swakarsa. Komjen Listyo membeberkan konsep Pam Swakarsa gagasanya saat menjalani fit and proper test bersama Komisi III DPR RI.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X