Pria Ini Beli Mangkuk Murah dari Pasar Loak, Rupanya Artefak Langka Senilai Rp7 Miliar

- Selasa, 9 Maret 2021 | 14:18 WIB
Mangkuk dari Dinasti Ming (Sotheby's)
Mangkuk dari Dinasti Ming (Sotheby's)

Seorang pria di Connecticut begitu beruntung. Dia tak menyangka porselen kecil yang dibelinya setara Rp500 ribu di pasar loak, adalah artefak China abad ke-15 yang langka.

Dalam pelelangan yang dilakukan oleh Sotheby, mangkuk ini bernilai sekitar US$500 ribu atau sekitar Rp7 miliar. 
Dilansir The Associated Press, pria yang dirahasiakan identitasnya itu membeli mangkuk tersebut di sebuah pasar loak barang-barang bekas di New Haven tahun lalu.

Mangkuk ini rupanya berasal dari Dinasti Ming pada awal tahun 1400-an dan hanya ada 7 buah di dunia. Karena itulah, tak heran kalau mangkuk kecil ini dihargai begitu fantastis.

"Selalu sangat mengherankan untuk berpikir bahwa ini masih terjadi, bahwa harta karun ini dapat ditemukan," kata Angela McAteer, wakil presiden senior Sotheby dan kepala Departemen Karya Seni China.

"Itu selalu sangat menarik bagi kami sebagai spesialis ketika sesuatu yang kami bahkan tidak tahu ada di sini muncul entah dari mana."

Mangkuk kecil berwarna biru itu berbentuk seperti kuncup teratai. Mangkuk ini dihiasi dengan peony, krisan, dan bunga delima. Ada juga medali di bagian bawah yang dibatasi oleh gulungan teratai.

Kehalusan desain mangkuk ini memperlihatkan segala karakteristik dan keunggulan artefak di periode awal Dinasti Ming yang kala itu dipimpin oleh Kaisar Yongle.

Mulai dari kehalusan dan kelembutan mangkuk, serta warna dan desainnya. Diduga selama ini mangkuk tersebut diwariskan turun temurun tanpa pemiliknya mengetahui harga aslinya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X