Mall Dibuka Lagi di Era New Normal, Hippindo: Tetap Waspada Virus Corona

- Kamis, 25 Juni 2020 | 12:18 WIB
Karyawan di sebuah gerai di mall menggunakan face shield sebagai pengamanan dari virus corona.(INDOZONE/Arya Manggala)
Karyawan di sebuah gerai di mall menggunakan face shield sebagai pengamanan dari virus corona.(INDOZONE/Arya Manggala)

DKI Jakarta mulai melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Beberapa tempat keramaian telah dibuka kembali, termasuk mall.

Mall atau pusat perbelanjaan mendpatkan restu boleh beroperasi lagi setelah sempat tutup sementara sejak 15 Juni 2020. Pengunjung terlihat masih sedikit dibandingkan sebelum masa pandemi virus corona. Namun kondisi ini dianggap sebagai awal yang baik.

Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia
(Hippindo) juga menyambut antusias pengunjung. Pihaknya siap melayani masyarakat yang kangen nge-mall dan rekreasi setelah lebih tiga bulan mendekam di rumah.

Di tengah PSBB Transisi ini, Hippindo juga mengingdatkan protokol kesehatan harus diterapkan dengan ketat. Tak hanya bagi pengunjung, tapi juga karyawan dan staff mall.

Saat dikonfirmasi Indozone, Kamis (25/6/2020), pihak Hippindo menyebutkan staff dan karyawan mall menjadi orang yang paling berisiko terkena pandemi virus corona. Mereka yang bertemu dan kontak langsung dengan pengunjung.

"Bagaimana prinsip kehati-hatian dan kepatuhan diterapkan, yaitu dengan memastikan bahwa para peritel dan penyewa adalah pihak yang pertama beresiko. Oleh karena itu kami akan lebih dulu hati-hati dan patuh pada aturan kesehatan yang berlaku. Hal yang terpenting pada masa pandemi ini adalah persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap kepatuhan pada protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah," kata Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum Hippindo.

-
Pengunjung yang masuk ke mall harus melalui proses pengukuran suhu tubuh.(INDOZONE/Arya Manggala)

Bisa Hilangkan Stress

Bagi sebagian warga DKI Jakarta, mengunjungi mall juga merupakan bagian dari rekreasi. Selain itu, bisa menghilangkan stress karena pekerjaan.

Memfasilitasi keinginan pengunjung, Hippindo juga memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya, pengunjung yang akan masuk ke mall harus diukur suhu tubuhnya. Apabila lebih dari 37.5 Derajat Celcius, tidak diperbolehkan masuk.

"Kami menyediakan layanan dan SOP yang ketat terutama untuk dipatuhi dulu oleh kalangan peritel atau penyewa kami. Tema yang kami usung adalah Fun and Fearless To Gather. Intinya adalah bahwa rekreasi juga penting untuk meningkatkan imunitas masyarakat karena dapat menghindari stress," tambahnya.

Selain itu, Hippindo juga menjawab kabar soal orang berusia 50 tahun atau lebih dilarang masuk ke mall di era new normal. Isu itu sempat beredar luas di masyarakat.

"Pengunjung yang berusia diatas 50 tahun dilarang masuk mall itu sama sekali tidak benar. Namun bagi pengunjung yang memiliki penyakit bawaan dan yang beresiko kesehatan agar bijaksana jika berada pada kerumunan publik dan agar selalu patuh pada protokol kesehatan yang berlaku," sebutnya.


Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X