Rekonstruksi Kasus Klinik Aborsi Jakpus Selesai, 41 Adegan Dipraktekkan

- Rabu, 19 Agustus 2020 | 16:35 WIB
Adegan rekonstruksi kasus klinik aborsi di Jakpus. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Adegan rekonstruksi kasus klinik aborsi di Jakpus. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Proses rekonstruksi kasus klinik aborsi di Jakarta Pusat sudah selesai digelar oleh Polda Metro Jaya. Ada sebanyak 41 adegan yang dipraktekkan di klinik tersebut.

"Ini hasil rekonstruksi 41 adegan yang dilakukan oleh 17 tersangka hari ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Klinik Dr. Sarsanto, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan puluhan adegan itu diperankan oleh seluruh tersangka aslinya tanpa diperankan dengan peran pengganti. Proses rekonstruksi itu dimulai dari pendaftaran aborsi, proses aborsi hingga proses pemusnahan janin.

-
Adegan rekonstruksi kasus klinik aborsi di Jakpus. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

"Ada tiga tahapan di sini pertama, ada tahapan persiapan yang dilakukan. Sebelum dilakukan tindakan ada tindakan yang dilakukan baik itu membuat janji terlebih dahulu dengan pengelola dan ada juga langsung datang ke lokasi ini," kata Calvijn.

Setiap pasien yang datang, mereka akan dikawal oleh calonya masing-masing. Ada pula adegan saat proses aborsi berlangsung.

"Setelah berproses, tahapan selanjutnya adalah tahapan pengambilan tindakan yang dilakukan tim medis baik oknum dokter, bidan dan perawat," beber Calvijn.

Adegan terakhir yakni saat proses pemusnahan janin. Dalam adegan ini, para tersangka klinik aborsi tersebut mempraktekan saat melarutkan janin hingga membakar janin.

"Dilakukan tindakan oleh salah satu oknum bagian pengelola tempat ini untuk menghilangkan barang bukti janin dengan cairan asam sulfat agar janin itu larut dan kemudian dibuang di salah satu saluran yang ada di lokasi," kata Calvijn.

"Kedua, apabila ada bagian janin yang belum sempat terlarutkan itu dilakukan pembakaran di lantai dua atas yang dimodifikasi seperti cerobong asap supaya tidak terlihat atau tidak terkena bau," pungkas Calvijn.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X