Geger Aliran Hakekok Balatasutak, Pengikutnya Laki & Perempuan Mandi Telanjang di Rawa

- Sabtu, 13 Maret 2021 | 13:43 WIB
Pengikut aliran hakekok balatasutak di Pandeglang mandi bersama telanjang bulat di rawa-rawa. (ist)
Pengikut aliran hakekok balatasutak di Pandeglang mandi bersama telanjang bulat di rawa-rawa. (ist)

Dalam beberapa jam terakhir, publik dibuat geger oleh keberadaan aliran Hakekok Balatasutak di wilayah Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Aliran kepercayaan yang diduga sesat tersebut viral di media sosial setelah video yang merekam para pengikutnya saat mandi bersama di rawa-rawa viral di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat belasan orang pengikut aliran tersebut, baik laki-laki maupun perempuan, mandi telanjang bulat di rawa-rawa yang dipenuhi eceng gondok.

Mereka terlihat khusyuk menjalani ritual tersebut.

Belakangan diketahui, aliran tersebut kini dipimpin oleh seorang pria bernama Arya (52 tahun), warga Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang.

Arya sendiri meneruskan kepemimpinan ayahnya, yakni Abah Edi, yang telah meninggal dunia. 

Baik Arya maupun Abah Edi sama-sama dianggap sebagai guru spiritual oleh para pengikutnya dan sejumlah warga lain di wilayah keberadaan mereka.

Hingga kini, jumlah pengikut aliran tersebut mencapai 16 orang dan kemungkinan lebih banyak dari itu. 5 orang di antaranya perempuan, 8 laki-laki, dan 3 anak-anak.

Tak lama setelah keberadaan mereka viral, seluruh anggota aliran tersebut telah diamankan oleh pihak Polres Pandeglang. Mereka diamankan saat sedang menjalankan ritual di wilayah Perkebunan Sawit PT. Globalindo Agro Lestari (GAL).

"Polres Pandeglang telah mengamankan warga yang diduga penganut aliran sesat tersebut dan sedang menangani dan mendalami kasus tersebut. Dihimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak memberikan pesan berantai karena justru akan menimbulkan situasi yang kurang kondusif," ujar Kapolres Pandeglang, AKBP Hamam Wahyudi, Sabtu (12/3/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X