Presiden Joe Biden Bersumpah Akhiri Perpecahan di Amerika Serikat

- Kamis, 21 Januari 2021 | 03:25 WIB
Presiden Joe Biden. (Foto: REUTERS/Mike Segar)
Presiden Joe Biden. (Foto: REUTERS/Mike Segar)

Joe Biden secara resmi telah dilantik menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat, Rabu (20/1/2021).

Dalam pidatonya, Biden bersumpah untuk mengakhiri "perang tak beradab" di negaranya yang terpecah belah hingga perekonomiannya terguncang akibat pandemi Virus Corona yang telah menewaskan lebih dari 400 ribu warganya.

"Melalui cobaan selama berabad-abad, Amerika telah diuji lagi, dan Amerika telah bangkit menghadapi tantangan," kata Biden saat menyampaikan pidato pelantikannya seperti dilansir Reuters.

"Hari ini kita merayakan kemenangan bukan dari seorang kandidat, tetapi karena sebuah tujuan: demokrasi [...] Pada saat ini, teman-temanku, demokrasi telah menang," kata Biden menegaskan.

Biden yang kini telah memasuki usianya yang ke 78 tahun, didaulat menjadi Presiden AS tertua dalam sejarah, yang dilantik dalam upacara berskala kecil di Washington karena kekhawatiran akan Virus Corona dan keamanan, menyusul serangan di Kongres AS atau US Capitol oleh para pendukung mantan Presiden Donald Trump, 6 Januari lalu.

Biden mulai menjabat pada saat AS menghadapi kegelisahan mendalam akibat empat krisis utama, yaitu pandemi, ekonomi, perubahan iklim, serta ketidaksetaraan rasial.

Untuk itu, dia telah menjanjikan tindakan segera, termasuk serangkaian perintah eksekutif pada hari pertamanya menjabat sebagai Presiden AS.

Setelah kampanye pahit yang ditandai dengan tuduhan tak berdasar Trump tentang kecurangan pemilu, Biden menyerukan nada damai dan meminta warga AS yang tidak memilihnya untuk memberinya kesempatan menjadi presiden mereka juga.

"Untuk mengatasi tantangan ini, untuk memulihkan jiwa, dan mengamankan masa depan, Amerika membutuhkan lebih dari sekadar kata-kata. Ini membutuhkan hal yang paling sulit dipahami dari semua hal dalam demokrasi: persatuan," kata Biden.

"Kita harus mengakhiri perang tidak beradab yang mempertemukan warna merah dengan biru, pedesaan versus perkotaan, konservatif versus liberal. Kita bisa melakukan ini---jika kita membuka jiwa kita alih-alih mengeraskan hati kita," katanya lagi.

BACA JUGA: Joe Biden Resmi Jadi Presiden Amerika Serikat

Upacara pada Rabu dibuka di depan Capitol AS yang dijaga ketat, di mana gerombolan pendukung Trump menyerbu gedung itu dua minggu lalu, marah dengan klaim salahnya bahwa pemilu telah diwarnai kecurangan.

Kekerasan tersebut mendorong Dewan Perwakilan Rakyat AS yang dikendalikan Partai Demokrat untuk memakzulkan Trump minggu lalu, untuk yang kedua kalinya.

Ribuan pasukan Garda Nasional dikerahkan ke Washington setelah pengepungan, yang menewaskan lima orang dan memaksa anggota parlemen bersembunyi.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X