Lepas Ekspor Hasil Tani Jateng ke China, Ini Harapan Ganjar Pranowo

- Kamis, 13 April 2023 | 20:33 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Dok. Ganjar Pranowo)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Dok. Ganjar Pranowo)

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, melepas pengiriman ekspor kapulaga Jateng ke Guangzhou China di landasan pacu Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jateng.

Ganjar mengatakan, Pemprov Jateng hingga saat ini terus mendorong peningkatan kualitas hasil pertanian agar komoditas produksi Jateng bisa konsisten mendunia.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Dapat Pujian dari Dubes Singapura Gara-gara Hal Ini

Ganjar Ajak Petani Kapulaga Jateng Sesuaikan Kebutuhan Pasar

Oleh sebab itu, Ganjar mengajak para petani kapulaga Jateng untuk menyesuaikan kebutuhan pasar supaya hasil tani mereka bisa diserap negara lain yang akan mengimpor.

“Disesuaikan dengan pasar, jadi spek pasarnya seperti apa budidayanya mengikuti,” kata Ganjar dalam siaran persnya kepada wartawan, Rabu (12/4/2023).

-
Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi. (Dok. Ganjar Pranowo)

Mantan Anggota DPR RI itu berharap ekspor kapulaga dari Jateng bisa terus berlanjut. Ganjar pun mengajak para petani untuk bersama-sama menjaga kualitas produk agar layak ekspor.

“Sesudah ada orderan kedua, ketiga dan keempat, kualitasnya dijaga. Sukses ya,” kata Ganjar.

Baca Juga: Biar Arus Mudik 2023 Lancar, Ganjar Siapkan Rest Area Sementara di Jalur Non-Tol

Sebelumnya Ganjar bersama Kementerian Pertanian juga melepas ekspor kapulaga ke Cina pada pertengahan 2020. Karantina Pertanian Semarang mencatat sertifikasi kesehatan untuk ekspor kapulaga ke China pada Januari hingga 11 April tahun 2020 sebanyak 9 kali dengan volume 118 ton.

Angka ini menujukkan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan ekspor tahun lalu. Dengan tujuan negara yang sama, tercatat sepanjang tahun hanya 13 kali dengan volume 170 ton.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X