Menyusul Nasib Sri Lanka, Ini Daftar Negara yang Terancam Bangkrut!

- Rabu, 13 Juli 2022 | 16:51 WIB
Krisis ekonomi di Zimbabwe (internationalman.com)
Krisis ekonomi di Zimbabwe (internationalman.com)

Sri Lanka menjadi salah satu negara yang mengalami kebangkrutan baru-baru ini. Saat ini, kondisi negara tersebut cukup memprihatinkan. Bagaimana tidak, kantor pemerintahan hingga sekolah tutup karena tidak ada lagi biaya operasional yang dapat negara tersebut keluarkan. 

Ini semua terjadi karena negara tersebut gagal bayar atau default terhadap utang-utang negaranya. Hal tersebut selanjutnya membuat kondisi perekonomian negara semakin memburuk. 

Nyatanya, hal tersebut terjadi pada beberapa negara. Menyusul Sri Lanka, beberapa negara ini terancam bangkrut. Apa saja ya? Simak daftarnya berikut ini. 

Daftar Negara Terancam Bangkrut 

-
Potret Sri Lanka bangkrut (en.wikipedia.org)

Menurut Bank Dunia, melalui laporannya yang berjudul Crisis Response Group, United Nations (UN) mengumumkan bahwa terdapat negara-negara lainnya yang juga terancam bangkrut karena kemiskinan negara serta utang yang terus melilit negara tersebut. Ini daftar negara tersebut. 

1. Afghanistan 

Semenjak Taliban menginjakan kaki dalam pemerintahan Afghanistan, negara ini menjadi salah satu negara yang juga terancam bangkrut. Bagaiman tidak, bantuan asing yang biasanya bergulir menjadi terhenti karena sanksi yang didapatkan. 

Ini terbukti dari layanan transfer bank yang berhenti dan cukup menghentikan sektor perdagangan. Baru-baru ini, gempa bumi juga terjadi di negara ini. 

Bagai jatuh tertimpa tangga, Afghanistan terlihat semakin sengsara dengan adanya korban jiwa yang meraup seribu orang. 

kesengsaraan tersebut ditambah dengan beberapa profesi yang tak kunjung dibayarkan gajinya. Selain itu, pangan yang hampir habis juga menjadi tanda negara ini terancam bangkrut. 

2. Argentina 

Argentina yang sebelumnya telah mengalami gagal bayar pada tahun 2001 dan disusul dengan krisis ekonomi, kini juga terancam semakin bangkrut. Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa 4 dari 10 orang menjadi orang termiskin. 

Jutaan orang Argentina bahkan hidup dari dapur umum dan bantuan sosial. Ini sangat menandakan Argentina menjadi negara yang terancam bangkrut. Tahun ini, diketahui inflasi negara ini mencapai lebih dari 70 persen. 

3. Mesir 

Pada april 2022, Mesir mengalami lonajakan inflasi hampir 15 persen yang mengakibatkan sepertiga dari 103 juta penduduknya hidup dalam kemiskinan. Awal mula anacaman bangkrut negara ini terjadi akibat adanya program reformasi yang pemerintah jalankan dengan ambisius. 

Program pemerintahannya ini membuat mata uang Mesir menjadi abu-abu. Selain itu, banyak produk subsidi yang juga dipotong oleh negara ini, seperti bahan bakar, air, hingga listrik. 

Tak hanya itu, kebijakan bank dalam menaikkan suku bunga untuk untuk mengekang laju inflasi malah menjebak pemerintah menjadi kesulitan untuk membayar utang luar negeri yang menumpuk. 

4. Laos 

Sebelum pandemi covid-19 yang mengurung berbagai sektor pada suatau negara, Laos tercatat mengalami pertumbuhan ekonomi tercepat. Namun, hal tersebut berubah ketika pandemi melanda. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X