Helm hingga Lawan Arus Jadi Pelanggaran Favorit Ditilang Manual

- Rabu, 17 Mei 2023 | 11:25 WIB
Ilustrasi tilang. (ANTARA FOTO/Andri Saputra)
Ilustrasi tilang. (ANTARA FOTO/Andri Saputra)

Polda Metro Jaya sudah menerapkan tilang manual di sejumlah titik baik di Jakarta dan sekitarnya. Beberapa waktu melakukan penindakan tilang manual, polisi menemukan sejumlah jenis pelanggaran yang kerap ditemukan di jalan.

"Setelah kemarin (tilang manual) ada itu, setelah kita evaluasi memang masih banyak pelanggaran," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga: Resmi Dirilis! Ini Nomor Hotline Polda Metro Untuk Tanya Perkembangan Kasus

Kombes Latif mengungkap jika pelanggar terbanyak ada pada pengendara sepeda motor. Jenis pelanggaranya pun mulai dari tidak memakai helm hingga melawan arus lalu lintas.

-
Ilustrasi tilang manual. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

"Helm, melawan arus, pengaruh alkohol juga kita (soroti), knalpot brong," bebernya.

Lebih jauh, mantan Dirlantas Polda Jawa Timur ini menyebut penindakan tilang manual yang diterapkan pihaknya, bukan untuk mencari pelanggar sebanyak-banyak. Polisi disebutnya malah berharap tindakan tilang manual semakin sedikit dilakukan.

Baca Juga: Ahli Transportasi Nilai Tilang Manual Masih Diperlukan Saat Ini

"Bukan kami ingin banyak-banyak menilang, tapi justru kami ingin sedikit menilang tapi masyarakat sudah tertib. Jadi kenapa tilang manual? Justru kami tidak ingin menilang, seperti yang disampaikan Bapak kapolda tadi, tilang adalah langkah terakhir," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X