Menkes: 2 WNI Pengidap Virus Corona Bisa Dipulangkan

- Senin, 2 Maret 2020 | 17:22 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto memberikan keterangan usai menjenguk pasien positif virus corona di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Menkes Terawan Agus Putranto memberikan keterangan usai menjenguk pasien positif virus corona di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, mengklaim kedua Warga Negara Indonesia (WNI) pengidap virus corona (Covid-19) dalam kondisi baik. 

Mereka pun bisa dipulangkan dengan cepat. Namun, Terawan menegaskan kedua WNI tetap dirawat di RSIP Sulianti Saroso untuk dilakukan pengecekan.

"Baik banget kondisinya. Sebenarnya kalau mau dipulangkan ya bisa. Akan tetapi, saya mesti cek lagi, kita swipe ulang," kata Terawan di RSIP Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (2/3/2020).

Terawan mengatakan kedua pasien akan dicek kesehatannya secara menyeluruh setelah lima hari sejak Senin (2/3/2020). Ketika dalam perawatan, kondisi kedua pasien kemungkinan besar negatif virus corona.

"Biasanya setelah lima hari, kami swipe ulang. Biasanya negatif kalau sudah dalam perawatan itu cepat sekali," tutur Terawan. 

Terawan menjelaskan perawatan terhadap kedua pasien virus corona sama seperti penangangan terhadap pasien yang terjangkit flu. Biasanya, pasien akan diberi vitamin demi meningkatkan imunitasnya.

"Perawatan seperti orang kena flu, vitamin diberikan, makanan disehatkan, bukan antibiotik karena ini kan bukan karena bakteri. Ini kan kena virus. Imunitasnya dinaikkan sudah pasti sembuh sendiri. Namanya self limited disease," tutur Terawan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X