KPK: 2 Staf Astra International Bakal Jelaskan Kasus Waskita Karya

- Rabu, 5 Februari 2020 | 15:30 WIB
Gedung ASTRA International (Wikipedia)
Gedung ASTRA International (Wikipedia)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini terus memproses perkara kasus dugaan korupsi mengenai pekerjaan sub kontraktor fiktif pada proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya.

Dari perkara ini, KPK telah melayangkan pemanggilan terhadap sejumlah saksi-saksi yang dianggap tahu bagaimana proses proyek itu dikerjakan. 

Salah satu nama yang dipanggil ialah Prijono Sugiarto, yang menjabat Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII). Juru Bicara (Jubir) KPK, Ali Fikri belum menjelaskan, apa pertimbangan KPK memanggil "orang besar" di ASII itu.

"Dalam rangka bantuan permintaan agar dapat dikirimkan stafnya yang mengetahui, dan dapat menerangkan beberapa konfirmasi ke penyidik KPK, terkait pengetahuan adanya dugaan pembayaran-pembayaran sejumlah kendaraan oleh subkon PT Waskita Karya Divisi II," kata Ali dikonfirmasi Indozone, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Ali menjelaskan, saat ini proses perkara pidana korupsi ini masih berjalan dan diproses. Kasus yang melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Waskita Karya ini, masih dilakukan penyidikan oleh KPK.

"Jadi memang bukan Presdir yang akan menerangkan sebagai saksi, tapi stafnya yang mengetahui secara teknis perihal tersebut," ujarnya.

Dia mengungkapkan, hari ini pihak Astra International telah mengkonfirmasi dan menunjuk dua orang stafnya untuk hadir memenuhi panggilan KPK. Namun demikian, ia enggan menyebutkan nama dua staf yang akan dikirimkan oleh pihak Astra International.

"Panggilan akan dijadwalkan kemudian," pungkasnya..

Diberitakan sebelumnya, kini KPK terus memproses perkara kasus dugaan korupsi mengenai pekerjaan subkontraktor fiktif pada proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya.

Dari perkara ini, KPK telah melayangkan pemanggilan terhadap sejumlah saksi-saksi yang dianggap tahu bagaimana proses proyek itu dikerjakan. 

Salah satu nama yang dipanggil ialah Prijono Sugiarto, yang menjabat Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII) pada Selasa (4/2/2020).

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X