Mahfud Tegaskan Mudik Tak Hanya Dilarang di Wilayah PSBB, Tapi di Seluruh Indonesia

- Sabtu, 25 April 2020 | 16:16 WIB
Mahfud MD. (ANTARA/Jojon)
Mahfud MD. (ANTARA/Jojon)

Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan bahwa larangan mudik berlaku untuk di seluruh Indonesia, bukan hanya di wilayah yang menerapkan PSBB saja.

Hal tersebut disampaikan Mahfud saat live streaming bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Sabtu (25/4/2020).

"Kalau pemerintah itu mengumumkannya umum tidak boleh mudik, tidak ada (khusus wilayah) PSBB atau ada, itu yang diputuskan pemerintah," kata Mahfud.

Meskipun masih ada daerah yang menerima kedatangan pemudik, mereka akan langsung ditetapkan sebagai orang dalam pengawasan (ODP) dan harus melaksanakan protokol kesehatan.

"Tapi dalam praktik mungkin ada kebijakan-kebijakan tertentu, di mana orang di luar Jawa itu, misalnya ada yang belum dimasukin COVID tapi antarkecamatan/kabupaten yang masih aman mungkin saja bisa mudik," ujar Mahfud.

"Tapi intinya pemerintah itu bisa melarang di mana pun karena itu berlaku di seluruh Indonesia, bisa dilarang di mana pun, seluruh Indonesia," lanjutnya.

Masyarakat yang nekat mudik, kata Mahfud, harus siap dengan segala risikonya, termasuk saat diminta petugas untuk putar balik. Mahfud mengatakan, pemerintah akan memperketat larangan mudik.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X