Ahli Sebut Vaksin Sinovac Dapat Diandalkan Melawan Corona Varian B1617 dari India

- Sabtu, 15 Mei 2021 | 13:48 WIB
Kandidat vaksin yang dikembangkan Sinovac. (REUTERS/Tingshu Wang)
Kandidat vaksin yang dikembangkan Sinovac. (REUTERS/Tingshu Wang)

Virus corona varian India B1617 sudah masuk ke Indonesia. Namun ahli menyebut varian ini dapat dilawan dengan vaksin Sinovac.

"Varian B1617 masih berasal dari mutasi S yang sama seperti varian B117, sementara Vaksin Sinovac dibuat dari virus utuh, jadi masih tercover," kata Ahli biologi molekuler dari Universitas Sriwijaya (Unsri) Prof Dr dr Yuwono, M.Biomed dikutip dari Antara, Sabtu (15/5/2021).

Namun, ia mengatakan, efikasi atau efektivitas Vaksin Sinovac dalam membentuk antibodi di dalam tubuh terhadap setiap orang berbeda satu sama lain, meski dalam uji klinis ketiganya efikasi Vaksin Sinovac mencapai 65 persen.

Selain itu, meski B1617 diperkirakan mampu menimbulkan mutasi ganda, namun mutasi itu tetap berada di bagian S sehingga masih dapat diandalkan dengan Vaksin Sinovac.

Ia juga menjelaskan varian Covid-19 saat ini banyak berasal dari mutasi S yang ada di permukaan virus dan paling aktif melekat ke tubuh manusia.

"Namun untuk mutasi B117 dan B1617 diyakini lebih cepat menyebar sehingga masyarakat perlu waspada sebab dampaknya terhadap orang lanjut usia dan berkomorbid tetap membahayakan," jelasnya.

BACA JUGA: Airlangga Hartarto Sebut Ada 1,5 Juta Warga Berhasil Lolos Mudik

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat tetap mengikuti program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah untuk menurunkan temuan kasus baru di tengah kemungkinan munculnya varian-varian baru.

Selain itu protokol kesehatan Covid-19 tetap harus diterapkan termasuk bagi yang telah menerima vaksin.

"Karena vaksin baru membentuk antibodi yang optimal tiga bulan setelah suntikan pertama," demikian Yuwono.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X