Sopir Mercy yang Lawan Arah di Tol JORR Dinyatakan Idap Demensia

- Rabu, 1 Desember 2021 | 10:00 WIB
Sedan Mercedes E300 yang terlibat tabrakan akibat melawan arus di Tol JORR, Jakarta, Minggu (28/11/2021). (ANTARA/HO-Ditlantas Polda Metro Jaya)
Sedan Mercedes E300 yang terlibat tabrakan akibat melawan arus di Tol JORR, Jakarta, Minggu (28/11/2021). (ANTARA/HO-Ditlantas Polda Metro Jaya)

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, sopir Mercedes-Benz E300 berinisial MSD (66) yang melawan arah di Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR), mengidap demensia.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan, hal itu diketahui setelah hasil pemeriksaan dari tim dokter Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya keluar.

"Hasil pemeriksaan tadi, dokter menyatakan bahwa yang bersangkutan (MSD) ada demensia, memang betul," ujar Edy Surasa, Selasa (30/11), mengutip Antara.

Edy menambahkan, hasil pemeriksaan itu nantinya melengkapi data rekam medis milik MSD di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat.

"Itu untuk menguatkan bahwa yang bersangkutan memang demensia," katanya.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan hasil pemeriksaan soal penyakit demensia yang diderita MSD akan dikonsultasikan dengan ahli pidana.

Hal itu bertujuan agar Kepolisian dapat mengetahui dan memastikan proses hukum terhadap MSD dapat dilanjutkan hingga ke persidangan atau harus dihentikan.

"Kalau memang tidak menggugurkan berdasarkan ahli pidana, kami akan terus majukan sampai pengadilan," kata Sambodo.

MSD juga sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 310 Ayat 1 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Dia diduga lalai saat berkendara hingga menyebabkan kecelakaan dan mengakibatkan kerugian materi. Meski begitu, Kepolisian tidak melakukan penahanan terhadap MSD.

Adapun mobil Mercedes-Benz E300 dengan nomor kendaraan B1125 KAD dikendarai MSD melawan arah di Jalan Tol JORR pada Sabtu (27/11). Setelah melaju cukup jauh, MSD menabrak dua mobil di KM 53 yang melintas di jalur arah Rorotan menuju Cikunir.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X