Elektabilitas Lewati Gerindra, Ketum PKB: Insyallah Sebentar Salip Lagi Golkar

- Senin, 11 Oktober 2021 | 11:53 WIB
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar. (Instagram/@cakiminow)
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar. (Instagram/@cakiminow)

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengaku optimis partai besutannya dapat menggeser Partai Golkar yang kini berada diposisi kedua dalam Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini dikatakan Muhaimin usai merujuk hasil survei terbaru yang dirilis Saiful Muzani Research & Consulting (SMRC) pada pekan lalu, elektabilitas PKB mencapai 10% dan sudah berhasil melampaui Partai Gerindra.

"Insyaallah kita yakin minimal posisi dua. Dulu di survei-survei itu PKB selalu jelek. Rangking 5, 4 paling tinggi. Setahun terakhir selalu bertengger kalau nggak 2 ya 3. Kalau nggak di atas Golkar ya di atas Gerindra," kata Muhaimin dalam keterangannya, Senin (11/10/2021).

Muhaimin menuturkan bilamana hasil survei dari sejumlah lembaga survei dalam beberapa waktu terakhir, menunjukkan bahwa masyarakat memberikan kepercayaan dan harapan yang tinggi terhadap PKB.

Baca juga: Politikus PKB Usul Pemilu 2024 Diselenggarakan 6 Maret 2024, Ini Alasannya

Tren positif ini, kata Muhaimin, tidak lepas dari kinerja PKB di berbagai level dalam menjalankan tugas-tugas politik baik di legislatif maupun eksekutif. Kinerja para wakil dari PKB mulai dari tingkat DPRD II, DPRD I, hingga DPR RI, menurut Muhaimin semua mengambil peran yang efektif dan nyata dirasakan masyarakat.

"Kader-kader PKB memiliki kepedulian yang tinggi. Saya optimistis, meskipun kita tidak punya infrastruktur kecurangan, tapi kita punya energi dan kinerja yang bagus,” ujarnya.

Menurutnya Wakil Ketua DPR RI, untuk bisa berada di posisi dua besar pada Pemilu 2024 mendatang, sudah ada berbagai indikasi, selain hasil sejumlah survei yang menunjukkan tren positif bagi PKB.

"Kita sudah berada di parpol papan atas. Indikasi itu adalah kecenderungan yang mungkin pasti terjadi jika syarat-syaratnya terpenuhi. Apa itu syaratnya? Yakni kinerja, berfikir strategis, melangkah strategis, dan tepat sasaran. Kalau kinerja selesai, indikasi (meraih dua besar) mutlak selesai," beber Muhaimin.

Hal yang juga tidak kalah penting adalah dengan terus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) partai. Maka dari itu Muhaimin meminta seluruh jajarannya mulai dari tingkat ranting, DPC, DPW, hingga DPP untuk terus meng-update kapasitas diri.

"PKB punya potensi SDM yang luar biasa. PKB punya SDM unggul, punya integritas dan moral tinggi. Punya kualitas tahan banting, fighting spirit tinggi. Hidup dari bawah karakternya. Kemudian  punya kultur kolektivitas tinggi. Saling menopang, tidak saling menghancurkan,” tegas dia.

Faktor lain optimisme itu juga muncul karena saat ini di internal PKB tidak ada lagi konflik yang tercipta. Karena semua kader disebutnya kompak dan saling bahu-membahu.

”Tidak ada lagi konflik. Persaingan internal itu kita akhiri. Mudah-mudahan berjalan aman, lancar, tidak ada kendala, semua saling bahu-membahu,” katanya.

Lebih jauh Muhaimin berkata peluang untuk memenangkan Pemilu 2024 serta bertengger di posisi dua besar sangat besar. Karena PKB tidak pernah bermain-main dalam mengurus negara sebagaimana saat awal didirikan.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X