Perintah Anies ke Anak Buah: Jangan Sampai Kita Bangun Hal hanya Bisa Difoto

- Selasa, 29 Maret 2022 | 09:36 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengingatkan kepada para wali kota dan bupati agar tidak hanya fokus pada pembangunan yang tampak di permukaan. Namun, juga membangun pada hal-hal yang tak nampak tapi memiliki dampak amat besar.

Hal tersebut disampaikan orang nomor satu di Jakarta itu dalam gelaran Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota/Kabupaten Administrasi Tahun 2023 yang diadakan secara virtual. 

Pelaksanaan Musrenbang ini pun sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2021 tentang Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Bagi Daerah dengan Masa Jabatan Kepala Daerah Berakhir pada Tahun 2022. 

“Sebagian kebutuhan masyarakat tidak bisa difoto. Karena itu jangan sampai kita membangun hal yang hanya bisa difoto, padahal perlu effort serius untuk hal-hal yang tidak bisa di-foto seperti kedamaian, kerukunan, kebahagiaan, dan lain sebagainya,” ucap Anies dalam keterangan tulisan yang dikutip Selasa, (29/3/2022). 

Baca juga: Diberi Rp1 Miliar oleh Doni Salmanan, Kok Reza Arap Cuma Kembalikan Rp950 Juta ke Polisi?

Kegiatan Musrenbang kali ini mengusung tema “Akselerasi Keunggulan Jakarta untuk Mewujudkan Kota Berdaya Saing Global yang Berketahanan, Inklusif, dan Berkeadilan”. Tema itu pun direspons oleh Anies. 

Menurutnya, tema tersebut sangat tepat karena Jakarta merupakan representasi dari Indonesia di mata dunia internasional sehingga memiliki peran yang amat penting ke depannya. 

“Kita tahu bahwa pusat pemerintahan nantinya tidak lagi berada di Jakarta, dan Jakarta akan jadi pusat kegiatan ekonomi, budaya, dan simpul lintas suku bangsa ada di tempat ini. Juga di sisi lain, Jakarta adalah pintu gerbang Indonesia ke dunia dan pintu gerbang dunia masuk ke Indonesia," terangnya. 

"Karena itu kita ingin kota ini terus menyiapkan semua infrastrukstur, baik keras maupun lunak untuk menjadi kota berdaya saing global,” tambah Anies. 

Selain penyiapan infrastruktur, untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota global, Anies menyebutkan, segala permasalahan kota juga harus ditemukan solusinya. Termasuk menyiapkan ekosistem yang memfasilitasi pertumbuhan ekonomi merata dan ketahanan terhadap berbagai tantangan termasuk bencana 

“Begitu juga kita harus siap menghadapi tantangan, baik yang kita prediksi atau yang tidak terduga seperti pandemi Covid-19 . Karena itu kita berharap kepada semua pihak untuk secara serius mengantisipasi potensi tantangan yang muncul, baik karena climate change ataupun terkait kesehatan seperti pandemi,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X