PAM Bakal Bentuk Tim Transisi Setelah Putus Kontrak dengan Aetra dan Palyja 2023

- Senin, 6 Desember 2021 | 12:53 WIB
Dirut PAM Jaya. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Dirut PAM Jaya. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya akan membentuk tim transisi pengelolaan air bersih dari PT Aetra Air Jakarta dan PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja), yang akan dimulai pada Februari 2023.

Dengan demikian, Direktur Utama PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo mengatakan, pengelolaan air bersih sepenuhnya bakal dikelola PAM Jaya selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta.

Bambang pun menyebutkan, kontrak kerja dua mitra perusahaan swasta itu akan berakhir pada Januari 2023 mendatang. Hal ini sebagaimana perjanjian kerja sama yang ditandatangani pada 6 Juni 1997 lalu.

“Tim transisi ini akan fokus pada lima klaster,” ucap Hernowo dalam keterangannya yang dikutip Senin (6/12/2021).

Hernowo menjelaskan, klaster pertama tim akan fokus pada aset. Setelah kontrak berakhir, aset-aset milik Aetra dan Palyja akan dikuasai oleh PAM Jaya selaku regulator pengelolaan air bersih di Ibu Kota.

Baca juga: Minta Warga Jakarta Hemat Air Bersih, Wagub DKI: Sekalipun Kita Bukan Timur Tengah

“Klaster kedua itu business process intinya, jadi ada produksi dan pelayanan juga,” katanya.

Lalu pada klaster ketiga, keempat dan kelima, tim akan fokus pada sumber daya manusia (SDM), aspek hukum pemindahaan pengelolaan air secara menyeluruh serta sumber utama (main source).

Menurutnya, langkah itu harus dipikirkan secara matang agar pelayanan yang dirasakan pelanggan tetap optimal.  Meski, PAM Jaya tengah mengambilalih pengelolaan air bersih dari dua mitra swastanya.

“Kami ingin memastikan bahwa ketika ada perubahan pengelolaan, warga yang menjadi pelanggan PAM itu nyaris tidak tahu, karena memang (faktanya) tidak ada distraction (gangguan),” ucap Hernowo.

“Kemudian jangka menengah dan panjangnya adalah kami bisa mengakselerasi layanan dasar air minum untuk masyarakat,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X