Viral Bos Perusahaan Ini Pecat 900 Karyawannya dalam Satu Video Call Zoom

- Rabu, 8 Desember 2021 | 15:44 WIB
Kiri: CEO pecat karyawan lewat Zoom (Twitter/@benjancewicz) / Kanan: CEO Better.com, Vishal Garg (The Sun)
Kiri: CEO pecat karyawan lewat Zoom (Twitter/@benjancewicz) / Kanan: CEO Better.com, Vishal Garg (The Sun)

CEO perusahaan hipotek Better.com, yaitu Vishal Garg viral usai memecat 900 orang karyawannya dalam satu panggilan video call Zoom.

“Hai semuanya, terima kasih sudah bergabung. Saya datang tidak dengan berita bagus. Pasar sudah berubah, seperti kalian tahu, dan kita harus bergerak bersama pasar agar bisa bertahan supaya kita – semoga saja -- tetap dapat berkembang dan melakukan misi kita,” ujar Garg.

“Ini bukan berita yang ingin kalian dengar tapi pada akhirnya, ini keputusan saya dan saya ingin kalian mendengarnya langsung dari saya. Ini adalah keputusan yang sangat, sangat sulit..." 

“Jika kalian termasuk dalam panggilan ini, kalian termasuk bagian kelompok tak beruntung yang diberhentikan,” ujar Vishal Garg, dalam video call tersebut, dikutip Rabu (8/12/2021).

Garg sendiri mengklaim bahwa dia tidak enak hati melakukan pemecatan massal tersebut.

-
CEO Better.com, Vishal Garg (The Sun)

“Ini kali kedua saya melakukan ini sepanjang karir saya dan saya tak ingin melakukan ini. Terakhir kali saya melakukannya, saya menangis. Kali ini, saya harap saya lebih kuat,” kata Garg.

Menurut Garg, ada beberapa hal yang menyebabkan 15% dari total karyawan Better.com dipecat. Mulai dari perubahan pasar, hingga performa dan produktivitas karyawan.

“Kami akan memberhentikan sekitar 15 persen dari perusahaan karena sejumlah alasan: pasar, efisiensi dan performa dan produktivitas."

Namun, Garg tidak menyinggung bahwa Better.com menerima tambahan dana investasi sebesar US$750 juta dari Softbank.

Video ini pun viral dan banyak yang menuding Garg adalah sosok yang kejam dan mengerikan. Sebuah email yang dia kirimkan pun bocor dan mengungkap gaya kepemimpinannya yang sering menghina anggotanya.

Better.com sendiri memang melakukan perekrutan besar selama pandemi. Tapi, Garg kemudian mengatakan bahwa itu adalah langkah yang salah dan berujung kegagalan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X