Mobilitas Jalan Tol Naik 12 %, Menhub: Banyak Orang Jakarta yang Bosan Mungkin Ingin Mudik

- Kamis, 17 Februari 2022 | 14:47 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (ANTARA/Muhammad Adimaja)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (ANTARA/Muhammad Adimaja)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya mencatat mobilitas penumpang angkutan umum periode Natal dan Tahun baru (Nataru) 2021 atau tepatnya pada 17 Desember hingga 4 Januari 2022 mengalami peningkatan 11,05 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal tersebut dikatakan Menhub dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR terkait evaluasi terhadap pelaksanaan Pembatasan Mobilitas Transportasi pada Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di masa Pandemi Covid-19, Kamis (17/2/2022).

"Secara keseluruhan jumlah penumpang angkutan umum Nataru 21/22 meningkat sebesar 11,05 persen dibandingkan dengan periode Nataru tahun sebelumnya," kata Budi.

Budi memaparkan apabila total lalu lintas pelaku perjalanan dalam negeri selama masa Nataru itu berjumlah 6.720.521 penumpang. Di mana dengan rincian ada tiga moda angkutan yang jumlah penumpangnya bertambah yaitu angkutan jalan naik jadi 24 persen, lalu penyebarangan naik 1 persen dan kereta api naik jadi 53 persen.

BACA JUGA: Polri Terapkan Sanksi Tilang bagi Pelanggar Gage di Tempat Wisata Selama Libur Tahun Baru

Sementara untuk moda angkutan udara mengalami penurunan sebanyak 8 persen dan moda angkutan laut alami penurunan sebesar 26 persen.

Lebih lanjut Budi menyampaikan jika mobilitas kendaraan di jalan tol Jabodetabek pada masa Nataru 21/22 mengalami peningkatan 12 persen jika dibandingkan dengan Nataru sebelumnya.

"Banyak orang Jakarta yang sudah bosan barangkali ingin mudik, mereka jalan ke luar kota naik 12 persen," bebernya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X