Ratu Elizabeth II Batal Hadir di KTT COP26 Glasgow karena Alasan Kesehatan

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 15:05 WIB
Ratu Elizabeth II. (Andrew Milligan/Pool via REUTERS)
Ratu Elizabeth II. (Andrew Milligan/Pool via REUTERS)

Ratu Elizabeth II yang berusia 95 tahun tidak akan menghadiri konferensi iklim PBB COP26 di Glasgow minggu depan setelah disarankan oleh dokter untuk beristirahat, kata kantor Istana Buckingham, Selasa (26/10/2021) dilansir Al Jazeera.

Sebuah sumber mengatakan bahwa keputusan untuk tidak hadir diambil sebagai tindakan pencegahan yang masuk akal. Meski tidak dapat hadir sang Ratu tetap bersemangat dan ingin COP26 sukses.

"Mengikuti saran untuk beristirahat, Ratu telah melakukan tugas ringan di Kastil Windsor," kata Istana Buckingham.

"Yang Mulia dengan menyesal memutuskan bahwa dia tidak hadir ke Glasgow untuk menghadiri acara COP26 pada hari Senin, 1 November," tambah Istana.

Ratu tertua dan terlama di dunia, menginap di rumah sakit Rabu lalu setelah menjalani pemeriksaan untuk penyakit yang tidak ditentukan tapi tidak terkait dengan Covid-19. Ini merupakan rawat inap Ratu pertama di rumah sakit sejak 2013.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Kesal Pemimpin Dunia Lamban Tangani Krisis Iklim

Elizabeth, yang merupakan ratu dari 15 kerajaan lain termasuk Australia, Kanada dan Selandia Baru dan tahun depan merayakan 70 tahun takhta, dikenal karena kesehatannya yang kuat dan masih menjalankan banyak tugas publik.

Ratu dijadwalkan menghadiri acara malam Senin depan di mana para pemimpin dunia akan bertemu termasuk Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Inggris telah menetapkan konferensi iklim COP26 Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dimulai di Glasgow pada 31 Oktober sebagai kesempatan besar terakhir untuk memperlambat kenaikan suhu dan berharap dapat membujuk para pemimpin untuk lebih memperhatikan iklim.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X