Ridwan Kamil Akan Koordinasikan Usulan PSBB 4 Daerah Penyangga Jakarta kepada Jokowi

- Rabu, 8 April 2020 | 09:49 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbincang dengan petugas di sela-sela peresmian Command Center dan Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 di Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020). (ANTARA/M Agung Rajasa)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbincang dengan petugas di sela-sela peresmian Command Center dan Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 di Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020). (ANTARA/M Agung Rajasa)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengkoordinasikan usulan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di 4 daerah penyangga Ibu Kota, yakni Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bekasi, kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui rapat terbatas penanganan Covid-19, Rabu (8/4/2020).

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menjelaskan, Gubernur Jawa Barat telah melakukan rapat koordinasi dengan 5 kepala daerah di Jawa Barat yang menjadi penyangga Jakarta, melalui video conference, Selasa malam.

Namun, dari 5 daerah di Jawa Barat, ada satu kepala daerah yang absen mengikuti video conference, yakni Kabupaten Bekasi.

Dedie menjelaskan, pada rapat koordinasi melalui video conference tersebut, disepakati bahwa kondisi darurat Covid-19 saat ini harus ditangani secara ekstra serius.

"Laporan kepada Presiden Joko Widodo, akan dikoordinasikan oleh Gubernur Jawa Barat bersama 4 kepala daerah dari Bogor, Depok, dan Bekasi, pada rapat terbatas penanganan Covid-19 hari ini," ujar Dedie seperti dikutip Antara.

Dia menambahkan, pengajuan surat permohonan untuk penerapan PSBB akan diajukan bersama-sama dalam waktu secepatnya, dengan dilengkapi data-data yang diperlukan.

Perlu diketahui, Pemerintah Kota Bogor telah melakukan rapat koordinasi dengan DPRD Kota Bogor terkait percepatan penanganan Covid-19, di DPRD Kota Bogor, Selasa kemarin.

Dari rapat koordinasi tersebut, menurut Dedie, DPRD Kota Bogor juga sudah memberi "lampu hijau" jika Pemerintah Kota Bogor akan mengajukan usulan penerapan PSBB kepada Menteri Kesehatan, dengan catatan dilengkapi kajian dampak ekonomi dan sosial yang timbul selama penerapannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X