Antisipasi Kecelakaan Bus, KNKT ke PO Bus: Istirahat Pengemudi Itu Penting!

- Kamis, 18 Maret 2021 | 11:57 WIB
Sejumlah bus terparkir di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Selasa (31/3/2020). (INDOZONE)
Sejumlah bus terparkir di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Selasa (31/3/2020). (INDOZONE)

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono meminta perusahaan otobus (PO) untuk memikirkan pengemudi bus-busnya. Tujuanya tentunya untuk meminimalisir kecelakaan bus.

"Kita harus memikirkan kualitas dari pengemudi," kata Tjahjono dalam sambutannya di acara diskusi via Zoom, Kamis (18/3/2021)

Dia meminta agar para PO bus memberikan waktu istirahat kepada para sopir mereka. Pasalnya, banyak sopir-sopir bus yang mengaku tidak mendapat waktu libur.

"Saya pernah temukan ada pengemudi di suatu perusahaan mengaku libur kalau ada yang meninggal atau sakit. Bahkan ada yang lima tahun nggak pernah libur karena nggak ada yang meninggal dan nggak sakit," beber Tjahjono.

BACA JUGA: Pemeran Video Porno di Hotel Bogor Teridentifikasi, Polisi Lakukan Pengejaran

Oleh karena itulah dia meminta PO untuk memikirkan pengemudinya terutama terkait waktu istirahat dan libur mereka. Tujuannya, agar para pengemudi atau sopir bus bisa konsentrasi bekerja mengendarai busnya dan meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Ada orang istirahatnya bagus tapi dia nggak libur. Ini makanya itu teman-teman di PO harus memikirkan istirahat, itu penting," pungkas Tjahjono.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X