Antar Listyo Sigit, Idham Azis: Ini Tradisi Baru yang Harus Kita Tumbuh Kembangkan

- Rabu, 20 Januari 2021 | 10:48 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis usai mengantar Komjen Listyo Sigit Prabowo yang akan menjalani uji kelayakan calon Kapolri di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021). (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis usai mengantar Komjen Listyo Sigit Prabowo yang akan menjalani uji kelayakan calon Kapolri di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021). (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)

Kapolri Jendral Idham Azis turut mengantarakan calon Kapolri tunggal yakni Komjen Listyo Sigit yang akan mengikuti fit and proper test oleh Komisi III DPR RI.

“Saya baru saja mengantar komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menjalankan fit and proper tes dalam rangka pencalonan beliau sebagai Kapolri ke-25,” kata Idham di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Idham menjelaskan, alasan ia mau mengantarkan Listyo Sigit yang akan menjalani fit and proper test dikarenakan ingin memberikan sebuah tradisi baru di institusi Korps Bhayangkara tersebut.

“Dengan saya mengantar beliau ini merupakan tradisi baru yang harus kita tumbuh kembangkan dan jadi pembelajaran bagi generasi Polri berikutnya, sehingga dalam internal solid,” tegasnya.

Lebih jauh menurut Idham, pengantaran tersebut merupakan pelajaran kepada generasi Polri bahwa pergantian kepemimpinan Korps Bhayangkara itu adalah suatu keniscayaan. 

"Untuk memberi gambaran bahwa insituti Polri regenerasinya berjalan dengan baik dan mulus, apa yang telah diputuskan oleh bapak Presiden sebagai pimpinan tertinggi Polri di internal Polri hanya ada dua kami laksanakan dan kami amankan," tukas Idham.

Seperti diketahui, pekan lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyerahkan nama calon tunggal Kapolri kepada DPR RI. Calon tunggal itu ialah Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

Komjen Listyo bakal menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kapolri. Jenderal Idham diketahui saat ini sudah memasuki masa pensiun.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X