Sahabat Soe Hok Gie Sekaligus Pendiri Mapala UI Herman Lantang Meninggal Dunia

- Senin, 22 Maret 2021 | 09:09 WIB
Herman Lantang. (Instagram/@hermanlantangcamp)
Herman Lantang. (Instagram/@hermanlantangcamp)

Pendiri organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI), Herman Onesimus Lantang dikabarkan meninggal dunia pada Senin (22/3/2021). Sahabat Soe Hok Gie tersebut tutup usia sekitar pukul 03.00 WIB di RSUD Tangerang Selatan.

Kabar duka ini disampaikan melalui akun pribadi Herman Lantang (@hermanlantangcamp)

"Telah dimuliakan Bapa di Sorga, Papa, Opa, Buyut, Om, Bung kami yang terkasih: Herman Onesimus Lantang. Pada hari Senin, 22 Maret 2021 Pukul 03.00 WIB Di RSUD Tangerang Selatan," tulis akun tersebut, Senin (22/3/2021).

Namun, belum dijelaskan mengenai penyebab Herman Lantang meninggal. Ucapan duka pun membanjiri akun Instagram Herman.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Herman Lantang Camp (@hermanlantangcamp)

Herman Lantang merupakan mahasiswa jurusan Antropologi di FSUI dan juga mantan ketua senat Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada era 60-an. Ia juga merupakan salah satu pendiri Mapala UI dan pernah menjabat sebagai ketua pada tahun 1972 sampai 1974.

Herman Lantang sendiri lahir di Tomohon, Sulawesi Utara Utara, pada 2 Juli 1940.

Semasa hidup, Herman dikenal rendah hati oleh rekan-rekannya, terutama di komunitas pecinta alam. Hingga akhir hayatnya, Herman tidak berhenti mencintai alam. Dia bahkan telah mendirikan Herman Lantang Camp (HLC) di Curug Nangka, Kaki Gunung Salak, Bogor.

Herman bersama sahabatnya, Soe Hok Gie pernah menjadi inspirator gerakan demo long march mahasiswa UI untuk menggulingkan pemerintahan Soekarno.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X