Sosok Irjen Fadil yang Kini Jadi Kapolda, Pernah Tangani Kasus Dugaan Chat Mesum Rizieq

- Senin, 16 November 2020 | 22:40 WIB
Irjen Pol Fadil Imran yang kini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya (ANTARA Jatim/HO-Polda Jatim)
Irjen Pol Fadil Imran yang kini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya (ANTARA Jatim/HO-Polda Jatim)

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya.

Mabes Polri menegaskan pencopotan itu lantaran kedua pimpinan itu dinilai tidak 'becus' menegakkan protokol kesehatan di wilayah hukum mereka.

"Ada dua Kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakan protokol kesehatan maka diberikan sanksi berupa pencopotan," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono dalam konferensi press di Mabes Polri, Jakarta, Senin (16/11/2020).

Pencopotan kedua jenderal polisi itu diduga berkaitan dengan hajatan yang digelar oleh pimpinan FPI Habib Rizieq kemarin di Jakarta dan Bogor. Karena hal itu lah Irjen Nana dan Irjen Rudy dinilai gagal hingga dicopot oleh Kapolri.

Irjen Pol Nana Sudjana kini digantikan oleh Irjen Pol Fadil Imran sebagai Kapolda Metro Jaya. Rupanya, Irjen Fadil dulu sempat menangani kasus chat mesum yang diduga melibatkan Habib Rizieq Shihab dan Firza Husein.

Di kasus yang terjadi pada tahun 2017 tersebut, Rizieq Shihab dan Firza sempat dijadikan sebagai tersangka. Kala itu, Fadil menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

Baca juga: Mutasi di Tubuh Polri, 8 Kapolda Diganti

Di bawah kepemimpinan Fadil, Rizieq Shihab dan Firza Husein dipersangkakan Pasal 4 ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 6 juncto Pasal 32 dan atau Pasal 8 juncto Pasal 34 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

Serta Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Namun, kasus yang menjerat Rizieq dan Firza ini dihentikan oleh Polda Metro Jaya di tahun 2018. Alasannya karena tidak berhasil menemukan pengunggah foto berisi chat mesum yang diduga terjadi antara Rizieq dan Firza.

-
Irjen Pol Fadil Imran (ANTARA Jatim/Willy Irawan))

Sepak terjang lain dari Irjen Fadil yang merupakan spesialis bidang reserse ini adalah menangkap Hercules dan anggotanya saat menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Barat.

Dia juga mengungkap sindikat Saracen dan Muslim Cyber Army (MCA) saat menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada 2018.

Irjen Fadil juga sempat menjadi pemberitaan karena mencopot seorang kapolsek yang tertidur dalam rapat penanggulangan Covid-19. Saat itu, Irjen Fadil baru menjabat sebagai Kapolda Jatim.

Jabatan baru Irjen Pol Nana dan Irjen Rudy Sufahriadi

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mencopot dua jenderal polisi dari jabatannya sebagai Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat. Kini, dua jenderal polisi itu menjabat jabatan baru.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X