The Eye of Providence, Simbol Mata Satu Illuminati

- Kamis, 13 Juni 2019 | 17:29 WIB
Ist
Ist

Simbol mata satu Illuminati atau disebut The Eye of Providence masih menjadi perdebatan di kalangan publik. Dalam bahasa Indonesia, simbol ini sering diartikan Mata Ilahi atau Sang Mata Pemeliharaan.

Simbol ini terdapat di Lambang Negara Amerika Serikat dan uang 1 dolar AS. Bentuk simbol ini sendiri berupa gambar mata kiri dalam segitiga yang memancarkan cahaya di atas piramida berpuncak dengan 13 tingkat. 

Sementara, lambang negara AS atau disebut 'Segel Agung AS' terdiri dari sisi depan dan belakang. Simbol mata satu terletak di atas piramida tak sempurna terdapat pada sisi belakang lambang negara.

Di bagian paling bawah piramida, tertulis angka Romawi MDCCLXXVI atau tahun kemerdekaan AS tahun 1776. Kemudian, simbol mata satu dan piramida dilengkapi moto bahasa Latin 'Annuit Coeptis' dan 'Novus Ordo Seclorum'.

Ternyata, simbol-simbol tersebut memiliki makna. Simbol piramida melambangkan kekuatan dan persatuan. Kalimat "Annuit Coeptis" artinya '(Dia) Yang Menyetujui Usaha Kita', dalam hal ini dimaksudkan Sang Maha Pemelihara. Kemudian, motto "Novus Ordo Seclorum" artinya 'Tatanan Zaman Baru', yang dimaksudkan adalah era baru sesudah kemerdekaan 1776.

Diketahui bahwa desainer mata uang AS itu bernama Pierre Eugene du Simitiere pada tahun 1776. Pada 1935, Presiden Franklin D Roosevelt menerima desain itu dengan beberapa perubahan di bagian lain.

Menilik sejarah, dikatakan bahwa simbol mata satu sebenarnya sudah ada sejak era Mesir Kuno, yakni simbol Dewa Horus. Simbol Mata Horus menjadi jimat, disebut Wadjet. Tujuannya adalah untuk melawan mata jahat (evil eye). Dulu kala, masyarakat kuno percaya bahwa orang sukses akan mengundang iri hari orang sekitarnya seperti simbol mata satu itu.
-
(Source: Ist)
Rupanya, simbol mata satu dalam mata uang AS itu lebih dekat dengan simbol Kristiani. Selain itu, ada kaitannya dengan Mazmur (Perjanjian Lama) 33:18. Adapun bunyinya, "Sesungguhnya, mata Tuhan tertuju kepada mereka yang takut akan Dia", dalam hal ini maksudnya Allah (Bapa). 

Sementara itu, disebut ada satu organisasi rahasia yang lebih dulu ada ketimbang Illuminati. Freemason namanya. Organisasi ini menggunakan simbol The Eye of Providence agar para anggotanya senantiasa merasa diawasi dan tidak berusaha membocorkan rahasia organisasi kepada siapa pun. 

Dalam simbol mata satu illuminati pun ada penggambaran piramida 13 tingkat. Ya, diketahui pula bahwa illuminati memiliki 13 tingkatan. Di antaranya, kelas pertama: initiate, novice, minerval, iluminatus minor. Selanjutnya, kelas kedua: apprentice, fellow, master, illuminatus major, illuminatus dirigens. Kelas ketiga: priest, prince, magus, dan paling tinggi adalah king.

Sampai saat ini, masih banyak teori konspirasi tentang Illuminati yang mangatakan bahwa kelompok elite rahasia yang berkuasa itu masih ada. Kabarnya, mereka sedang menyiapkan strategi untuk menguasai dunia.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X