4 Tips Aman Menggunakan Media Sosial

- Sabtu, 22 Juni 2019 | 15:23 WIB
Unsplash
Unsplash

Di zaman serba teknologi ini, mulai bermunculan beragam media sosial mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, dan lainnya. Rasanya, platform dunia maya tersebut sudah menjadi hal lumrah bagi banyak orang.

Hanya dengan membuat akun baru di platform itu, seseorang dapat membagikan informasi diri, cerita keseharian, dan hal-hal terbaru lainnya dilengkapi dengan foto atau video.

Namun, perkembangan dunia maya ini tentu tidak terlepas dari ancaman privasi. Jika tidak diimbangi dengan cara aman, tentunya media sosial dapat menjadi 'boomerang' untuk diri si pengguna itu sendiri.

Untuk menghindari hal itu, berikut ini empat tips aman menggunakan media sosial:

1. Gunakan Kata Kunci yang Tidak Mudah Ditebak

-
Unsplash

 

Cara pertama adalah meningkatkan perlindungan akun media sosial dengan memilih kata kunci atau password yang tidak biasa. Buatlah password dengan mengkombinasikan huruf besar, huruf kecil, simbol dan angka. Kalau bisa, buatlah password yang berbeda untuk setiap media sosial yang dimiliki.

2. Tidak Gampang Menyebarkan Tautan

-
Unsplash

Media sosial menjadi wadah di mana orang-orang dengan mudahnya membagikan informasi yang didapatkan, tanpa perlu melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat berita bohong atau hoax gampang tersebar. Maka dari itu, pastikan dulu informasi yang akan dibagikan di media sosial. Jangan sampai, tautan berita yang disebar mengandung unsur provokatif, ujaran kebencian, dan berita bohong.

3. Hati-hati Sebelum Posting

-
Unsplash

Saat mengunggah sesuatu di media sosial, yang harus diingat adalah tidak menyebarluaskan informasi yang bersifat pribadi. Seperti, nomor telepon, alamat lengkap rumah, bahkan identitas diri sendiri dan keluarga. Sebab, ketika informasi sudah didapatkan orang lain, maka akan sulit untuk menariknya kembali. Publik dapat melakukan apa saja ketika sudah mendapatkan informasi itu.

4. Pilih-pilih dalam Berteman

-
Unsplash

Ini penting, karena salah memilih teman akan berbahaya untuk diri kita sendiri. Apalagi, jika berkenalan dengan seseorang lewat pergaulan di dunia maya. Maka dari itu, pastikan bahwa teman yang kamu ikuti di media sosial tidak membahayakan dirimu ya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X