Minta Masyarakat Tak Makan Minum di Ruang Publik, DPR: Hormati Umat Islam yang Berpuasa 

- Kamis, 23 Maret 2023 | 03:15 WIB
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Quomas (tengah) bersama Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi (kanan) dan Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi (kiri). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Quomas (tengah) bersama Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi (kanan) dan Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi (kiri). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi mengimbau seluruh umat beragama untuk menghargai dan menghormati umat Islam yang tengah menjalani ibadah puasa

Dia meminta kepada masyarakat yang tidak menjalani ibadah puasa agar tidak makan dan minum di ruang publik selama bulan suci Ramadan 1444 Hijriah. 

“Seluruh umat beragama diminta untuk menghargai mereka yang berpuasa agar mereka yang tidak berpuasa jangan makan-minum di ruang-ruang publik, demi menjaga atau hormati bagi mereka yang berpuasa,” kata Ashabul dalam konferensi pers hasil sidang isbat di kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jakarta, Rabu (22/3/2023).

Baca Juga: Breaking News: Pemerintah Tetapkan Awal Ramadan 1444 H Jatuh Pada Kamis 23 Maret 2023

Kemudian, ia meminta kepada seluruh pihak untuk menjaga ketertiban dan keamanan, serta saling menjaga dan mengingatkan.

“Mari mengisi ramadhan dengan ibadah dan kegiatan yang baik dan produktif,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia juga meminta agar Kemenag memfasilitasi ormas-ormas Islam untuk dapat menggelar berbagai kegiatan positif selama bulan Ramadan.

“Kami menghimbau agar Kemenag dapat memfasilitasi berbagai kegiatan positif bersama ormas-ormas Islam selama bulan Ramadan,” pungkasnya. 

Baca Juga: Masjid Istiqlal Gelar Salat Tarawih dengan Kapasitas Penuh di Ramadan Tahun Ini

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1444 hijriah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023 besok. 

"1 Ramadan jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Rabu (22/3/2023). 

Penentuan awal Ramadan ini berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar sore tadi. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin langsung rapat tersebut.

Sebagai informasi, Kementerian Agama memakai dua metode dalam sidang isbat yakni hisab atau perhitungan dan rukyat atau melihat langsung hilal. Ketinggian hilal dinyatakan di atas ufuk.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X