Mabes Polri Pastikan Kondisi Terkini di Wamena Pasca Kericuhan Sudah Kondusif

- Jumat, 24 Februari 2023 | 17:50 WIB
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri. (Dokumentasi Polda Papua).
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri. (Dokumentasi Polda Papua).

Mabes Polri membeberkan situasi terkini di Wamena, Jayawijaya, Papua pasca terjadinya kericuhan kemarin. Diklaim, situasi di sana saat ini sudah kondusif.

"Secara umum sudah dapat dikendalikan dan kondusif," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (24/2/2023).

Lebih jauh, Polri setempat disebut Dedi saat ini masih terus berkoordinasi dnegan pihak terkait untuk mencegah terjadinya aksi kericuhan susulan.

"Masih terus berkoordinasi dengan Pemda, aparat keamanan dan tokoh setempat," beber Dedi.

Di lokasi terpisah, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny menyebut pihaknya hingga saat ini masih berada di lokasi kejadian untuk berjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Update Kericuhan di Wamena: Perwira Polisi dan TNI Dipanah!

"Hingga saat ini aparat keamanan masih siaga mengangisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan membahayakan masyarakat di Wamena dan Forkopimda saat ini sedang melakukan pertemuan untuk membahas penanganan akibat kejadian tersebut," papar Benny.

Diberitakan sebelumnya, kericuhan sempat terjadi di daerah Wamena, Jayapura, Papua. Massa menyerang polisi dengan melepar batu hingga panah.

Baca Juga: Irfan Widyanto Divonis 10 Bulan Penjara di Kasus CCTV Ferdy Sambo!

Kericuhan ini diawali adanya isu penculikan anak hingga sejumlah massa sempat mengamankan sebuah mobil saat itu. Polisi yang datang mencoba membawa mobil tersebut dan sejumlah orang ke kantor polisi untuk dilakukan mediasi.

Aksi provokasi pun terjadi hingga kericuhan tak terhindar. Dalam insiden ini sebanyak 10 orang tewas dan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X