WHO Sebut Ada 81 Negara yang Belum Terinfeksi Virus Corona

- Jumat, 13 Maret 2020 | 10:31 WIB
Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (REUTERS/Andreas Gebert)
Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (REUTERS/Andreas Gebert)

Virus corona masih jadi momok menakutkan bagi kebanyakan orang. Virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini diketahui telah menyebar ke sejumlah negara dan menyebabkan ribuan jiwa meninggal.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, meski virus corona telah berstatus pandemi, namun ada 81 negara yang belum terinfeksi virus corona.

-
Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (REUTERS/Denis Balibouse)

"Dari sekitar 118.000 kasus yang dilaporkan dari 114 negara, lebih dari 90 persen ditemukan di empat negara, dan dua di antaranya China dan Korea Selatan, tetapi jumlah penularan baru juga telah menurun di wilayah tersebut," ujar Tedros dalam sesi pengarahan harian di Jenewa, Swiss, Rabu (11/3/2020).

"Sementara ini, ada 81 negara yang belum melaporkan (penularan COVID-19, red), dan 57 negara lainnya melaporkan 10 kasus atau kurang dari itu," sambungnya.

-
Warga memakai masker untuk mencegah virus corona. (REUTERS/Ferley Ospina)

Kendati demikian, Tedros belum menjelaskan negara mana saja yang belum terinfeksi virus corona. Dilihat dari laporan terbaru WHO dan data  Worldometers (laman penyedia jasa statistik independen), 81 negara yang belum terinfeksi itu berada di wilayah Asia Tengah, Asia Barat, Asia Selatan, Asia Tenggara, Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, Afrika Selatan, Amerika Tengah, Karibia, Amerika Selatan, Melanesia, Micronesia, Polinesia, dan Eropa Tengah.

Berdasarkan data pada Kamis (12/3/2020), negara yang belum melaporkan kasus penularan virus corona, di antaranya seluruh negara di Asia Tengah, yaitu Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan, satu negara di Asia Barat, yaitu Yaman, serta Laos, Myanmar, dan Timor Leste di Asia Tenggara.

Sementara itu untuk wilayah Afrika Utara, Libya, Sudan, dan Sudan Selatan. Namun, pada akhir Januari lalu, Sudan sempat melaporkan dua pasien terduga virus corona.

-
Potret warga Sudan. (REUTERS/Mohamed Nureldin Abdallah)

Sementara di wilayah Afrika Barat, negara yang belum melaporkan kasus virus corona, antara lain Benin, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea-Bissau, Liberia, Mali, Mauritania, Sierra Leone, Tanjung Verde. Sama halnya seperti Sudan, Benin dan Ghana sempat melaporkan kasus suspect virus corona.

Sedangkan di wilayah Afrika Tengah, negara yang belum terinfeksi virus corona ialah, Angola, Chad, Gabon, Guinea-Khatulistiwa (Guinea-Equator), Republik Afrika Tengah, Sao Tome dan Principe.

Dari Afrika Timur, wilayah yang belum melaporkan kasus suspect virus corona ialah  Burundi, Eritrea, Ethiopia, Kenya, Komoros, Madagaskar, Malawi, Mauritius, Mozambik, Rwanda, Djibouti, Seychelles, Somalia, Tanzania, Uganda, Zambia, dan Zimbabwe. Namun, pada Rabu (10/3/2020), Ethiopia sempat melaporkan lima kasus suspect virus corona.

Di Afrika Selatan, negara yang belum terinfeksi virus corona ialah Botswana, Lesotho, Namibia, dan Swaziland/Eswatini.

-
Potret warga Haiti mencuci tangan untuk mencegah virus corona. (REUTERS/Andres Martinez Casares)

Di Amerika Tengah, Guatemala, Nikaragua, El-Savador, Haiti, Puerto Rico, Antigua dan Barbuda, Bahamas, Barbados, Grenada, Saint Kitts dan Nevis, Saint Lucia, dan Saint Vincent dan Grenadines, Trinidad dan Tobago di wilayah Karibia, menjadi wilayah yang sampai saat ini belum melaporkan adanya kasus suspect virus corona.

Sedangkan di Amerika Selatan, ada empat negara yang belum melaporkan kasus virus corona, yaitu Guyana, Suriname, Uruguay, dan Venezuela.

Terakhir di wilayah Pasifik, negara yang belum melaporkan adanya kasus virus corona ialah, Fiji, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Federasi Mikronesia, Kiribati, Kepulauan Marshall, Nauru, Palau, Samoa, Tonga, dan Tuvalu.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X