Arab Saudi Klaim Menang Lawan Corona, Benarkah?

- Rabu, 16 Desember 2020 | 14:24 WIB
Seorang pria berjalan mengenakan masker di Qatif, Arab Saudi (10/3/2020). (REUTERS/Stringer)
Seorang pria berjalan mengenakan masker di Qatif, Arab Saudi (10/3/2020). (REUTERS/Stringer)

Pemerintah Arab Saudi menyatakan menang dalam melawan virus corona (Covid-19), setelah berhasil mengendalikan angka penularan virus tersebut, pada Minggu (13/12/2020).

Pada hari Minggu, Arab Saudi mencatat hanya 139 kasus Covid-19 baru, pertama kali angka di bawah 150 sejak pandemi mulai terjadi pada Maret lalu.

Sementara itu, peta penyebaran Covid-19 yang dikonfirmasi Kementerian Kesehatan Saudi menunjukkan hampir semua wilayah berada di 'zona aman', dengan kasus terinfeksi baru kurang dari 50.

"Kami berada di antara negara-negara dengan kontrol dan penurunan kasus yang nyata," kata juru bicara Kementerian Kesehatan Saudi, Dr. Mohammed Al-Abd Al-Aly dalam jumpa pers di Riyadh seperti dikutip Arab News, Rabu (16/12/2020).

"Kerajaan sekarang memiliki kendali lebih besar atas pandemi. Pencapaian ini karena kepatuhan masyarakat terhadap tindakan yang dilakukan. Tidak mungkin tanpa koordinasi antara masyarakat dan otoritas terkait dalam menghadapi pandemi ini untuk memastikan kesehatan dan keselamatan semua orang," jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X